Akibat Tidak Menggunakan Antivirus di Laptop

Kartika Rachmania, Jumat, 5 Agustus 2022

Antivirus berfungsi untuk memberikan perlindungan dan keamanan data komputer dari serangan virus. Virus bisa menyebar dari file unduhan atau masuk ketika browsing internet. Virus juga bisa masuk dan menyerang media penyimpanan seperti flashdisk, memory card, atau hard disk eksternal. Akibat jika tidak menggunakan antivirus bisa membuat pekerjaan Anda terhambat.


Gejala Laptop yang Diserang Virus


Berikut adalah gejala laptop atau komputer yang terkena virus:

  • Komputer menjadi lambat atau lemot
  • Data di komputer tidak bisa dibuka atau hilang
  • Komputer restart dengan sendirinya
  • Banyak program shortcut pada komputer


Akibat Tidak Menggunakan Antivirus di Laptop

Memasang antivirus adalah sebuah langkah awal untuk mengamankan laptop atau komputer dari virus yang bisa merusak perangkat. Ketika laptop atau komputer tidak dipasangi antivirus, ada beberapa resiko keamanan yang akan dialami pengguna. 

Ini adalah resiko jika perangkat tidak dipasangi antivirus:

  • Tidak terdeteksi ada bahaya dari file baru 

Antivirus akan memindai file yang masuk ke komputer. Jika terdeteksi ada bahaya, maka file tersebut akan dikarantina atau dihapus. Jika tidak ada antivirus, maka file yang berpotensi membahayakan bisa melenggang bebas dan merusak file lain.

  • Mudah terserang malware

Karena tidak dipasang antivirus, maka tidak ada filter file. Hal itu membuat laptop lebih rentan terhadap virus atau malware. Serangan malware bisa membuat laptop mudah diserang dan resiko adanya pencurian informasi pribadi di dalam komputer menjadi lebih besar.

  • Windows mengalami error

Tidak hanya mencuri informasi, virus juga dapat merusak file sistem operasi sehingga tidak bisa berjalan normal. 

  • Kejahatan internet

Segala data transaksi yang dilakukan bisa dicuri oleh orang tak bertanggungjawab melalui antivirus yang ditanamkan pada sistem atau file.

  • File hilang

Ini yang sering terjadi dan biasanya disebabkan oleh virus. Ketidakhadiran antivirus membuat malware atau virus bekerja tanpa sepengetahuan pengguna. Alhasil, file di laptop tidak bisa ditemukan karena dihapus atau disembunyikan oleh virus. 


Itulah beberapa resiko yang bisa dihadapi pengguna laptop tanpa antivirus. Maka dari itu, Anda harus memasang antivirus untuk melindungi perangkat yang Anda miliki. Jika kantor Anda membutuhkan laptop baru, Asani bisa membantu kantor Anda dengan menyediakan perangkat IT bagi semua karyawan perusahaan Anda. Selain itu, Asani menyediakan sewa laptop atau komputer dengan spesifikasi yang sesuai kebutuhan karyawan di perusahaan Anda. Perangkat yang disediakan Asani juga sudah termasuk software yang penting untuk Anda.


Segera hubungi Asani untuk mendapatkan penawaran sewa laptop terbaik untuk kantor Anda.

Another Post