Tugas Akuntan Fidusia

Kartika Rachmania, Rabu, 23 Februari 2022

Salah satu jenis cabang akuntansi lainnya adalah akuntansi fidusia. Akuntansi fidusia adalah akuntansi yang terkait dengan pengelolaan dana dalam perwalian (trust fund). Orang maupun firma yang berperan sebagai fidusia nantinya akan bertanggungjawab atas aset bisnis suatu perusahaan dan harus menyimpan semua catatan keuangan dengan rinci untuk membuat laporan berkala status dana perwalian tersebut. 

Akuntan Fidusia

Fidusia adalah orang atau organisasi yang bertindak atas nama orang lain dan menempatkan kepentingan klien di atas kepentingan sendiri dengan kewajiban untuk menjaga kepercayaan. Dalam akuntansi fidusia, orang yang dipercaya diharuskan untuk menyimpan catatan keuangan terperinci ketika mengelola aset atau ketika bertindak sebagai pelaksana harta orang yang meninggal. Seorang Fidusia juga dapat mengelola aset untuk anak di bawah umur sampai dia mencapai usia dewasa. 

Seorang fidusia membutuhkan keterikatan secara hukum dan etika agar selalu bertindak demi kepentingan terbaik kliennya. Ketika suatu pihak dengan sadar menerima kewajiban fidusia atas nama pihak lain, mereka diharuskan untuk bertindak demi kepentingan terbaik prinsipal, yaitu klien atau pihak yang asetnya mereka kelola.

Tugas dan Tanggung Jawab Akuntan Fidusia

Tugas fidusia mungkin termasuk bertanggung jawab atas kesejahteraan umum orang lain, tapi juga termasuk melibatkan keuangan; mengelola aset orang lain, atau sekelompok orang. Orang yang biasanya memiliki tanggung jawab fidusia misalnya penasihat keuangan, manajer keuangan, bankir, agen asuransi, akuntan, pelaksana, anggota dewan, pemegang saham, dan pejabat perusahaan.

Berikut adalah tugas dan tanggung jawab akuntan fidusia:

  • Mengelola asset
  • Membuat dan memperbarui laporan akuntansi dengan catatan yang rinci

Beberapa industri bisnis juga selalu menggunakan akuntan fidusia untuk mengelola aset dan akuntansi fidusia. Selain akuntan publik, ada beberapa jenis akuntan yang dipekerjakan oleh perusahaan untuk membuat laporan keuangan lainnya termasuk keuntungan dan pengeluaran perusahaan. Untuk mengurangi biaya operasional perusahaan, pengusaha bisa menggunakan jasa sewa laptop Asani. Dengan sewa laptop kantor, pengeluaran perusahaan bisa dikurangi karena pengusaha tak perlu memikirkan biaya asuransi dan perbaikan perangkat jika terjadi kerusakan. 


Jika Anda membutuhkan laptop atau komputer untuk perusahaan, Asani menyediakan sewa laptop atau komputer dengan spesifikasi yang sesuai kebutuhan Anda. Lihat katalog Asani lengkap untuk kebutuhan design graphic, editing video, develop website atau aplikasi, serta administrasi, dan bisnis. 


Hubungi Asani untuk mendapatkan penawaran sewa laptop terbaik untuk kantor Anda.

Another Post