Tugas dan Fungsi Akuntan Publik

Kartika Rachmania, Jumat, 18 Februari 2022

Akuntan publik mengacu pada bisnis yang menyediakan layanan akuntansi untuk perusahaan lain. Akuntan publik memberikan layanan untuk keahlian akuntansi, audit, dan pajak kepada klien mereka baik itu individu, bisnis besar, lembaga pemerintah, dan lembaga pendidikan. Penggunaan kata "publik" dalam istilah akuntan publik menyoroti pentingnya layanan yang diberikan oleh para profesional kepada masyarakat umum saat melakukan audit eksternal. 

Tugas Akuntan Publik

Tugas utama akuntan publik adalah melakukan audit eksternal atas neraca, laporan laba rugi, laporan triwulanan, dan laporan laba rugi. Akuntan publik harus mengevaluasi laporan keuangan kliennya berdasarkan GAAS (Generally Accepted Auditing Standards) dan memastikan bahwa laporan tersebut telah disusun sesuai dengan GAAP (Generally Accepted Accounting Principles).

Layanan audit eksternal yang disediakan oleh kantor akuntan publik sangat penting untuk memberikan gambaran akurat tentang keuangan perusahaan publik. Informasi tersebut dijadikan dasar saat evaluasi status keuangan perusahaan dan membuat keputusan tentang apa yang harus dilakukan dengan sumber daya keuangan.

Ketika akuntan publik mengaudit laporan keuangan, mereka memeriksa data aktual yang digunakan untuk membuat klaim keuangan yang dibuat oleh perusahaan untuk memastikan keakuratannya. Ketika akuntan publik membuktikan kelengkapan dan keakuratan laporan perusahaan, mereka melakukan apa yang dikenal sebagai jasa atestasi dengan memberikan pernyataan bahwa laporan keuangan perusahaan adalah benar. 

Audit dan pengesahan yang dilakukan oleh akuntan publik memberikan unsur kepercayaan pada laporan keuangan perusahaan.

Jasa Akuntan Publik

Jasa yang diberikan oleh akuntan publik umumnya terbagi dalam tiga kategori:

  • Jasa akuntansi dan audit 

Jasa ini mencakup pemeliharaan catatan keuangan, penyiapan, dan audit laporan keuangan untuk digunakan oleh investor dan bank luar.

  • Layanan pajak 

Layanan ini melibatkan persiapan pengembalian pajak serta memberi nasihat kepada klien tentang pemotongan pajak, perencanaan pajak, dan masalah terkait pajak lainnya.

  • Layanan konsultasi

Layanan ini melibatkan layanan perencanaan keuangan untuk individu serta layanan konsultasi bisnis untuk membantu manajemen merancang, mengembangkan, dan menerapkan sistem akuntansi dan paket kompensasi karyawan.

Pendidikan dan sertifikasi

Syarat utama untuk menjadi akuntan publik adalah memiliki gelar sarjana akuntansi. Lisensi CPA (Certified Public Accountant) diperlukan untuk praktik akuntan publik. 

Beberapa industri bisnis juga selalu menggunakan akuntan publik untuk melakukan audit di perusahaannya. Selain akuntan publik, ada beberapa jenis akuntan yang dipekerjakan oleh perusahaan untuk membuat laporan keuangan lainnya termasuk keuntungan dan pengeluaran perusahaan. Untuk mengurangi biaya operasional perusahaan, pengusaha bisa menggunakan jasa sewa laptop Asani. Dengan sewa laptop kantor, pengeluaran perusahaan bisa dikurangi karena pengusaha tak perlu memikirkan biaya asuransi dan perbaikan perangkat jika terjadi kerusakan. 

Jika Anda membutuhkan laptop atau komputer untuk perusahaan, Asani menyediakan sewa laptop atau komputer dengan spesifikasi yang sesuai kebutuhan Anda. Lihat katalog Asani lengkap untuk kebutuhan design graphic, editing video, develop website atau aplikasi, serta administrasi, dan bisnis. 

Hubungi Asani untuk mendapatkan penawaran sewa laptop terbaik untuk kantor Anda.

Another Post