Tugas Akuntan Swasta

Kartika Rachmania, Selasa, 22 Februari 2022

Akuntan swasta adalah seorang akuntan yang dipekerjakan oleh satu perusahaan untuk menganalisis dan menyiapkan laporan keuangan internal perusahaan. Akuntan swasta biasanya berasal dari departemen akuntansi dalam organisasi tempat dia bekerja.

Tugas Akuntan Swasta

Tugas akuntan swasta bergantung pada ukuran perusahaan tempatnya bekerja. Di dalam perusahaan yang besar, akuntan bisa ditugaskan ke pencatatan buku besar semua akun dan transaksi, hutang piutang, penggajian, maupun pajak. Namun, tugas umum yang biasa dilakukan akuntan swasta yaitu menyiapkan sistem internal untuk mencatat transaksi bisnis yang akan membantu menginformasikan laporan keuangan perusahaan. 

Akuntan swasta juga meninjau dokumen bisnis internal dan bekerja dengan manajer keuangan untuk merencanakan anggaran dan mengevaluasi kinerja fiskal. Akuntan swasta harus memastikan bahwa transaksi keuangan akurat dan terkini. Akuntan bahkan mungkin meninjau laporan keuangan, memberikan analisis data, dan membuat laporan.

Seorang akuntan swasta cenderung memiliki rentang pengetahuan terbatas pada satu industri dan bidang akuntansi yang menjadi tanggung jawabnya. 

Pendidikan dan Sertifikasi

Syarat utama untuk menjadi akuntan swasta adalah memiliki gelar sarjana akuntansi. Seorang akuntan swasta tidak memerlukan sertifikasi khusus. 

Keterampilan utama untuk akuntan swasta termasuk keterampilan komunikasi yang kuat, motivasi diri, integritas, keterampilan organisasi, kemampuan untuk mengelola waktu, dan kemahiran menggunakan teknologi baru.

Perbedaan Akuntan Publik dan Akuntan Swasta

Akuntan publik adalah pihak ketiga yang memeriksa laporan keuangan dan sistem pendukung perusahaan untuk melihat apakah laporan keuangan cukup mewakili hasil, posisi keuangan, dan arus kas perusahaan klien. Sedangkan akuntan swasta adalah akuntan yang berasal dari departemen akuntansi di suatu perusahaan.

Berikut adalah perbedaan yang dapat terlihat pada kedua posisi tersebut:

Pengalaman

  1. Akuntan publik biasanya berpengalaman di berbagai industri dan klien
  2. Akuntan swasta biasanya hanya mengetahui tentang industri tempatnya bekerja

Sertifikasi

  1. Akuntan publik: CPA  
  2. Akuntan swasta: tidak ada sertifikasi khusus, tapi jika tertarik bisa mencoba CMA, CIA, atau CFE

Perkembangan Karier

Akuntan publik biasanya mulai berkarir di firma dengan posisi auditor hingga akhirnya menjadi audit partner. Sedangkan akuntan swasta biasanya mulai bekerja dengan beberapa spesialisasi hingga akhirnya bisa menjadi kepala bagian keuangan yang mengatur semua fungsi akuntansi internal di perusahaan. 

Ketika sebuah perusahaan sedang diaudit, kantor akuntan publik akan meninjau pekerjaan departemen akuntansi swasta. Selain akuntan swasta atau pribadi, ada beberapa jenis akuntan yang dipekerjakan oleh perusahaan untuk membuat laporan keuangan lainnya termasuk keuntungan dan pengeluaran perusahaan. Untuk mengurangi biaya operasional perusahaan, pengusaha bisa menggunakan jasa sewa laptop Asani. Dengan sewa laptop kantor, pengeluaran perusahaan bisa dikurangi karena pengusaha tak perlu memikirkan biaya asuransi dan perbaikan perangkat jika terjadi kerusakan. 

Jika Anda membutuhkan laptop atau komputer untuk perusahaan, Asani menyediakan sewa laptop atau komputer dengan spesifikasi yang sesuai kebutuhan Anda. Lihat katalog Asani lengkap untuk kebutuhan design graphic, editing video, develop website atau aplikasi, serta administrasi, dan bisnis. 

Hubungi Asani untuk mendapatkan penawaran sewa laptop terbaik untuk kantor Anda.


Another Post