Komponen dan Fungsi Akuntansi Keuangan Perusahaan

Kartika Rachmania, Selasa, 8 Februari 2022

Akuntansi keuangan adalah proses penyusunan laporan keuangan yang digunakan untuk menunjukkan kinerja, kondisi, serta posisi keuangan perusahaan. Akuntansi keuangan mampu membantu perusahaan dalam analisis perbandingan laporan keuangan, komunikasi secara internal maupun eksternal perusahaan. 

Komponen Akuntansi Keuangan

Dalam akuntansi keuangan, tiap transaksi akan dikelompokkan berdasarkan kategori tertentu. Berikut adalah lima komponen penting dalam pencatatan laporan keuangan:

  • Aset

Aset adalah semua hal milik perusahaan yang memiliki nilai. Ada dua jenis aset yaitu aset berwujud (tangible) dan tidak berwujud (intangible). Aset wujud di antaranya adalah bangunan, kendaraan, peralatan, piutang, investasi jangka pendek, dan barang fisik lain. Sedang aset tak berwujud yaitu hak cipta, hak paten, dan sumber daya non-fisik yang memberikan nilai bagi perusahaan. 

  • Kewajiban

Kewajiban atau liabilitas adalah kewajiban perusahaan yang timbul saat bisnis berjalan (membayar sejumlah uang). Kewajiban yang wajib dipenuhi perusahaan di antaranya utang jangka panjang, utang lancar, gaji, bunga dan kewajiban lain kepada pihak lain.

  • Ekuitas

Ekuitas atau modal adalah modal yang tersedia untuk dibagikan kepada semua pemegang saham. Nilai ekuitas didapat dari jumlah aset dikurangi dengan jumlah kewajiban perusahaan. 

  • Pendapatan

Pendapatan atau income adalah jumlah uang kas bersih yang diterima perusahaan dalam masa periode tertentu. Nilai didapatkan dari penjualan barang atau jasa perusahaan. 

  • Pengeluaran

Pengeluaran atau expense adalah jumlah uang digunakan untuk semua aktivitas operasional bisnis. Biaya pengeluaran termasuk biaya administrasi, biaya depresiasi aset, penggajian, biaya penjualan, produksi barang, pemberian layanan, serta biaya bunga pinjaman berjalan. 


Lima komponen itu dipakai di laporan keuangan perusahaan tergantung jenis laporan keuangan yang akan dibuat. 


Fungsi Akuntansi Keuangan

Fungsi akuntansi keuangan dalam perusahaan adalah sebagai berikut:

  • Membantu mengetahui dan menghitung keuntungan atau kerugian perusahaan
  • Memberikan informasi yang berguna bagi perusahaan agar bisa menentukan langkah yang harus diambil
  • Membantu mengawasi semua aktivitas di perusahaan
  • Membantu perusahaan membuat target


Laporan keuangan perusahaan biasanya mencantumkan semua informasi penting mengenai keuangan termasuk transaksi bisnis perusahaan. Akuntansi keuangan biasanya lebih ditujukan untuk pemangku kepentingan eksternal seperti pemegang saham, dewan direksi, calon investor atau pihak lain yang memerlukan data kinerja perusahaan dalam periode tertentu. 

Salah satu informasi penting yang dimasukkan dalam laporan keuangan perusahaan adalah keuntungan dan pengeluaran. Untuk mengurangi biaya operasional perusahaan, pengusaha bisa menggunakan jasa sewa laptop. Dengan sewa laptop kantor, pengeluaran perusahaan bisa dikurangi karena pengusaha tak perlu memikirkan biaya asuransi dan perbaikan perangkat jika terjadi kerusakan.

Jika Anda membutuhkan laptop atau komputer untuk perusahaan, Asani menyediakan sewa laptop atau komputer dengan spesifikasi yang sesuai kebutuhan Anda. Lihat katalog Asani lengkap untuk kebutuhan design graphic, editing video, develop website atau aplikasi, serta administrasi, dan bisnis. 


Hubungi Asani untuk mendapatkan penawaran sewa laptop terbaik untuk kantor Anda.


Another Post