Akuntansi manajemen
6750

Akuntansi manajemen berfokus pada semua akuntansi yang ditujukan untuk memberikan informasi pada manajemen tentang metrik bisnis operasional. Akuntan manajemen menggunakan laporan kinerja untuk mencatat perbedaan antara hasil aktual dari anggaran. Apa fungsi akuntansi manajemen? Berikut penjelasannya.

Akuntansi Manajemen

Akuntansi manajemen adalah proses menyiapkan laporan operasional bisnis yang membantu manajer membuat keputusan jangka pendek dan jangka panjang untuk perusahaan. Akuntansi Manajemen membantu bisnis mewujudkan tujuan bisnis dengan mengidentifikasi, mengukur, menganalisis, menafsirkan dan mengkomunikasikan informasi kepada manajer. Akuntansi manajemen membantu manajer dalam perusahaan membuat keputusan.

Akuntansi manajemen biasa digunakan oleh manajer dan direktur untuk membuat keputusan mengenai operasional harian perusahaan. Akuntansi manajemen tidak didasarkan pada kinerja masa lalu, tapi pada tren saat ini dan masa depan karena pemimpin bisnis perlu membuat keputusan operasional dalam waktu singkat.

Contoh penerapan akuntansi manajemen yaitu menentukan berapa banyak biaya untuk produk baru dan menganalisis berapa banyak pendapatan yang bisa dihasilkan oleh produk tersebut.

Selain itu, akuntansi manajemen bisa juga bisa untuk memutuskan kapan harus mengganti komputer di kantor.

Baca juga:  Jenis Laporan Keuangan Perusahaan

Fungsi Akuntansi Manajemen

Fungsi utama dari akuntansi manajemen yaitu:

1. Membantu Membuat Keputusan  

Data yang dihasilkan dari akuntansi manajemen dapat dijadikan dasar untuk mengambil keputusan strategi dan operasional perusahaan. Informasi mengenai biaya dan ketersediaan produksi merupakan faktor penentu dalam pilihan pembelian.

Prediksi bisnis dapat membantu pengambilan keputusan apa yang harus diambil untuk bisnis perusahaan seperti penambahan investasi alat, memperluas pasar, atau hal lainnya menyangkut bisnis. Akuntansi manajemen dapat membantu menjawab pertanyaan penting yang dapat meramalkan tren masa depan dalam bisnis perusahaan.

2. Peramalan Arus Kas

Akuntansi manajemen melibatkan pembuatan anggaran yang digunakan manajer untuk memutuskan bagaimana alokasi uang dan sumber daya untuk menghasilkan pertumbuhan pendapatan yang diproyeksikan. Informasi digunakan untuk mempertimbangkan di mana biaya yang akan dikeluarkan di masa depan dan dari mana pendapatannya.

3. Membantu Memahami Kinerja

Perbedaan kinerja dalam bisnis adalah perbedaan antara apa yang diprediksi dan apa yang dicapai.

4. Menganalisis Tingkat Keuntungan

Sebelum memulai proyek yang membutuhkan banyak investasi, maka penting untuk mengetahui potensi tingkat keuntungan yang akan diperoleh. Pertanyaan yang harus bisa dijawab dengan akuntansi manajemen seperti berapa tahun perusahaan akan mencapai titik impas pada suatu proyek?

Informasi penting yang dimasukkan dalam salah satu jenis  laporan keuangan perusahaan adalah keuntungan dan pengeluaran. Untuk mengurangi biaya operasional perusahaan, pengusaha bisa menggunakan jasa sewa laptop. Dengan sewa laptop kantor, pengeluaran perusahaan bisa dikurangi karena pengusaha tak perlu memikirkan biaya asuransi dan perbaikan perangkat jika terjadi kerusakan.

Jika Anda membutuhkan laptop atau komputer untuk perusahaan, Asani menyediakan sewa laptop atau komputer dengan spesifikasi yang sesuai kebutuhan Anda. Lihat katalog Asani lengkap untuk kebutuhan design graphic, editing video, develop website atau aplikasi, serta administrasi, dan bisnis.

Pastikan Anda memilih jasa sewa laptop yang memiliki harga sewa terjangkau, aman, dan terpercaya.

Asani  merupakan  partner  yang tepat untuk Anda jika membutuhkan penyewaan laptop dan perangkat IT untuk perusahaan.

Jika Anda tertarik, ajukan penawaran sekarang juga ke Asani dengan menghubungi  official WhatsApp Asani  atau customer service kami di  cs@asani.co.id.

Baca juga:  Jenis dan Tugas Akuntan

Post comment

Product Enquiry