5 Alasan Kota Yogyakarta Jadi Tempat Menarik untuk Bikin Usaha

Kartika Rachmania, Rabu, 18 Mei 2022

Kota Yogyakarta terkenal dengan kota pelajar, wisata, budaya, seniman, dan lainnya. Yogyakarta juga menjadi salah satu pilihan terbaik untuk lokasi bisnis selain Jakarta, Bali dan Surabaya bagi pengusaha lokal maupun asing. Kawasan bisnis di Yogyakarta mungkin tidak seperti di Jakarta, tapi sudah mulai banyak perusahaan baru yang tumbuh di Jogja.

Kenapa Yogyakarta jadi Tempat Pilihan Membuka Usaha?

Pertumbuhan ekosistem kreatif dan digital di Yogyakarta cenderung meningkat. Sejak beberapa tahun terakhir, pertumbuhan co-working space dan inkubator digital turut mendukung perkembangan startup di Jogja. Ada beberapa alasan mengapa kota Yogyakarta menjadi tempat pilihan membuka usaha yaitu:

  • Mendapat dukungan pemerintah

Pemerintah di Yogyakarta siap membantu dan mendukung startup maupun perusahaan untuk berkembang dan mendapatkan talenta-talenta terbaik khususnya di bidang IT. 

  • Pembangunan Infrastruktur dan Transportasi 

Yogyakarta telah membangun bandara baru agar bisa mengakomodir kedatangan warga lokal maupun asing yang akan ke Yogyakarta. Akses jalanan dan transportasi lain yang menuju ke bandara pun sudah diperbaiki. 

  • Banyak Tenaga dan Bakat Berkualitas

Sebagai kota pelajar, wilayah Yogyakarta dihuni oleh mahasiswa maupun warga yang masih berusia produktif sehingga tidak sulit untuk menjadi talenta baru. Populasi muda dan paham teknologi ini bisa membantu industri apa pun untuk berkembang di Yogyakarta. 

  • Harga dan Perdagangan

Salah satu alasan utama Yogyakarta menjadi kota yang menarik untuk menjalankan usaha adalah biaya sewa maupun pengeluaran lainnya lebih murah. 

  • Banyak tempat wisata / menjadi tujuan wisata masyarakat

Yogyakarta juga terkenal sebagai tempat tujuan berwisata. Kunjungan wisata ke Yogyakarta selalu tinggi sehingga memiliki potensi besar untuk membuka usaha. Selain itu, banyaknya tempat wisata juga bisa menjadi daya tarik bagi perusahaan yang ingin membuka kantor baru karena selain bekerja, banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi untuk refreshing.


Di Yogyakarta ada beberapa kawasan bisnis yang menjadi lokasi strategis untuk perkantoran. Di Jogja juga banyak sekali tersedia co-working space yang bisa disewa dan letaknya masih di kota. Sangat cocok untuk pengusaha muda yang baru merintis bisnis maupun perusahaan luar kota yang ingin membuka cabang baru di Jogja. 


Untuk melengkapi perangkat IT bagi perusahaan yang baru merintis maupun yang membuka cabang di Yogyakarta, percayakan saja sewa laptop di Asani. 


Asani menyediakan sewa laptop atau komputer dengan spesifikasi yang sesuai kebutuhan karyawan perusahaan Anda. Asani juga memberikan instalasi software termasuk Microsoft Office bagi perusahaan yang sudah menyewa di Asani. Lihat katalog Asani atau hubungi Asani untuk mendapatkan penawaran laptop design graphic, editing video, develop website atau aplikasi, serta administrasi, dan bisnis. 


Hubungi Asani untuk mendapatkan penawaran sewa laptop terbaik untuk kantor Anda.

Another Post