alasan menggunakan nas
9780

Network Attached Storage adalah hard drive yang terkoneksi ke jaringan. Tidak seperti hard drive eksternal tradisional, perangkat NAS umumnya memiliki semacam sistem operasi bawaan yang menambahkan fungsi perangkat lunak seperti streaming media asli, streaming printer, atau akses jarak jauh. Secara fungsional, NAS memang mirip dengan jenis hard drive eksternal lain yang pernah Anda gunakan sebelumnya. Simak manfaat NAS berikut ini.

Manfaat Menggunakan NAS

Meskipun menambahkan hard disk eksternal ke PC untuk meningkatkan penyimpanan bukanlah pilihan yang buruk, tetapi HDD eksternal hanya dapat dihubungkan dan diakses oleh satu PC dalam satu waktu. Di sisi lain, NAS bisa terhubung ke seluruh jaringan, artinya dapat diakses oleh beberapa PC selama mereka berada di jaringan yang sama.

Inilah beberapa manfaat NAS untuk perusahaan:

1. Tempat Penyimpanan Tambahan

Salah satu manfaat NAS yaitu untuk menambah ruang penyimpanan ke komputer lokal.

Daripada mengalokasikan sejumlah ruang untuk pengguna individu, Anda bisa menyatukan ruang dan hanya menggunakan apa yang Anda butuhkan sehingga membebaskan lebih banyak ruang untuk lebih banyak pengguna.

Menambahkan penyimpanan dengan menggunakan NAS adalah cara yang lebih hemat biaya. Meskipun kapasitas hard drive dapat berkisar dari beberapa ratus GB hingga sekitar delapan TB, Anda dapat terus meningkatkan ukuran NAS Anda dengan memasang hard drive tambahan alih-alih memutakhirkan seluruh sistem.

Baca juga: Network Attached Storage (NAS) – Pengertian dan Manfaatnya

2. Mudah untuk berkolaborasi

Penyimpanan cloud sangat nyaman digunakan, tapi Anda mungkin khawatir mengenai keamanannya karena tidak tahu siapa saja yang bisa mengaksesnya. Dalam hal ini, perangkat NAS bisa mengalahkan penyimpanan cloud karena yang bisa mengakses data di perangkat adalah yang memiliki akses melalui konfigurasi khusus.

NAS dapat membantu mengurangi kekacauan yang tidak perlu dengan mengizinkan semua pengguna mengakses dokumen di satu lokasi terpusat bahkan mengedit dan mengelompokkan dokumen.

Sebagian besar perangkat NAS memiliki perangkat lunak yang memungkinkan Anda mengonfigurasi akses jarak jauh (dari luar jaringan lokal) sehingga Anda dapat mengakses dokumen dan file di mana pun Anda berada. Dengan kata lain, penyimpanan cloud pribadi Anda sendiri.

3. Pencadangan Data Otomatis

Anda dapat mengatur pencadangan otomatis dengan menggunakan NAS sehingga tidak perlu menghabiskan waktu yang lama seperti saat melakukan pencadangan manual. Jadi, setelah perubahan dibuat dapat langsung terlihat di NAS.

4. Perlindungan Data yang Lebih Meyakinkan

Jika perangkat laptop atau komputer rusak, Anda tidak perlu khawatir mengenai keamanan data karena server NAS meletakkan data di drive aman yang tersambung ke jaringan. Jadi, data tidak terpengaruh jika ada kegagalan perangkat keras lokal (laptop atau komputer yang Anda gunakan).

5. Pengaturan Server Mudah

Manfaat NAS yang lainnya adalah sangat mudah digunakan karena menggunakan tampilan sederhana. Jadi, tidak akan terlalu rumit untuk menyiapkan dan menjalankannya. Anda tidak perlu tim khusus untuk mengatur perangkat ini.

Perangkat NAS sangat mudah diatur dan digunakan. Harganya pun bersaing dengan membeli hard drive tambahan untuk komputer Anda.

Setiap perusahaan, biasanya memiliki kebijakan tertentu untuk menyediakan perangkat penunjang pekerjaan. Asani menyediakan perangkat IT terbaik yang termasuk laptop, komputer, perangkat Network Attached Storage, dan lainnya dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Jika Anda menyewa di Asani, maka Anda akan mendapatkan semua kemudahan yang memberikan berbagai keuntungan untuk perusahaan.

Lihat katalog Asani lengkap untuk kebutuhan design graphic, editing video, develop website atau aplikasi, serta administrasi, dan bisnis.

Pastikan Anda memilih jasa sewa laptop yang memiliki harga sewa terjangkau, aman, dan terpercaya.

Asani merupakan partner yang tepat untuk Anda jika membutuhkan penyewaan laptop dan perangkat IT untuk perusahaan.

Jika Anda tertarik, ajukan penawaran sekarang juga ke Asani dengan menghubungi official WhatsApp Asani atau customer service kami di cs@asani.co.id.

Baca juga: Keuntungan Model Bisnis Subscription bagi Pengusaha dan Pelanggan

Post comment

Product Enquiry