Alasan Kenapa Smartphone Tidak Bisa Menggantikan Laptop atau PC

Kartika Rachmania, Rabu, 21 Juli 2021

Saat ini, teknologi smartphone semakin berkembang dan beberapa fungsinya mirip dengan laptop. Perhatikan smartphone yang Anda miliki, tak hanya untuk menelepon, smartphone zaman sekarang juga sudah bisa melakukan banyak hal seperti mengetik di dokumen, streaming video, dan lainnya. Namun, bagi sebagian orang kegunaan smartphone belum bisa menggantikan laptop atau komputer. Simak artikel ini untuk mengetahui alasan kenapa smartphone tidak bisa menggantikan laptop atau PC.

Alasan Kenapa Smartphone Tak Bisa Menggantikan Laptop

  • Kenyamanan

Smartphone sudah bisa digunakan untuk mengetik, membuat presentasi, mengedit foto atau video, serta lainnya. Namun, beberapa orang lebih nyaman menggunakan laptop dibandingkan smartphone. Bayangkan, ketika Anda mengetik berjam-jam dengan smartphone, kemungkinannya Anda hanya akan menggunakan jari tertentu saja. Hal tersebut bisa menyebabkan jari Anda kaku. Selain itu, untuk mengedit foto ataupun video, karya yang dihasilkan bisa kurang maksimal.

  • Ukuran Layar

Ukuran layar smartphone lebih kecil dibanding ukuran layar laptop, sehingga untuk bekerja dalam waktu yang lama menggunakan smartphone bukan menjadi pilihan tepat bagi. Layar smartphone yang terlalu kecil bisa membuat mata cepat lelah.

  • Aplikasi Tidak ada di Smartphone

Saat ini, memang sudah banyak aplikasi tersedia di smartphone, tapi tetap saja ada aplikasi yang hanya ada di versi laptop atau komputer. Bahkan, beberapa aplikasi yang sudah tersedia versi mobile pun fiturnya lebih maksimal pada laptop. Hal itu tentu membuat Anda membutuhkan perangkat lain untuk mengakses aplikasi yang Anda butuhkan sehingga pengguna tidak bisa hanya mengandalkan smartphone saja.

  • Performa

Kinerja laptop lebih mumpuni untuk pekerjaan berat daripada smartphone.

  • Kualitas Gambar

Kualitas gambar di smartphone tentunya tidak sejernih laptop. Bagi Anda yang memerlukan ketajaman atau detail, akan lebih nyaman jika bekerja di depan laptop atau komputer.

  • Penyimpanan yang kurang besar

Dalam hal ini, sudah jelas bahwa penyimpanan laptop lebih besar daripada smartphone. Untuk back-up ke penyimpanan berbasis cloud, waktu transfer di laptop akan lebih cepat dibandingkan transfer dari 

Untuk beberapa kegiatan umum seperti membalas e-mail, browsing, atau membuka media sosial, fungsi smartphone memang sudah cukup menggantikan laptop. Dan dalam situasi tak memungkinkan untuk membuka laptop pun sebenarnya smartphone cukup bisa diandalkan. Namun, kalau untuk menggantikan semua fungsi laptop atau komputer ke smartphone, rasanya masih belum bisa. Smartphone hanya membantu melengkapi perangkat kerja yang Anda miliki.


Jika Anda membutuhkan sewa laptop untuk kantor, segera hubungi Asani untuk konsultasi gratis dan mendapatkan penawaran harga sewa laptop kantor terbaik.

Another Post