Apakah Sinyal Wifi Mengakibatkan Kanker?

Kartika Rachmania, Selasa, 25 Mei 2021

Beberapa waktu lalu, beredar informasi menyesatkan bahwa sinyal wifi bisa menyebabkan kanker pada anak-anak. Informasi tersebut adalah salah. Sinyal radiasi wifi tidak berdampak pada kesehatan sehingga memicu kanker bagi orang dewasa maupun anak-anak. Dalam situs resmi World Health Organization, tidak ada kaitan antara radiasi dengan risiko kanker pada anak-anak. Pernyataan ini juga didukung oleh ahli dan ilmuwan di seluruh dunia.

Seorang pakar Fisika menjelaskan bahwa radiasi Wifi memiliki sifat yang berbeda dengan sinar gamma yang dihasilkan oleh tenaga nuklir atau sinar UV. Radiasi dari sinar gamma dan UV bisa menyebabkan mutasi genetik atau perubahan DNA pada tubuh manusia. Mutasi genetik tersebutlah yang bisa memicu pertumbuhan sel kanker.

Radiasi wifi gelombang elektromagnetik tidak bisa menyebabkan mutasi genetik pada anak maupun orang dewasa. Jadi, tak bersifat karsinogenik. Ahli hematologi dari Singapura juga menjelaskan bahwa radiasi wifi tidak ada kaitannya dengan kanker darah.

Jadi, jangan mudah percaya dengan informasi yang didapatkan dari grup-grup Whatsapp atau lainnya. Pastikan informasi tersebut berasal dari sumber yang terpercaya. Radiasi wifi tidak menyebabkan penyakit kanker. 


Another Post