Aplikasi Administrasi Kantor yang Wajib Dikuasai Pekerja

Kartika Rachmania, Jumat, 8 Oktober 2021

Sebelum adanya teknologi yang canggih, pekerjaan di kantor biasanya dilakukan dengan cara manual. Dengan adanya teknologi dan digitalisasi, semua pekerjaan bisa dilakukan dengan software pendukung sehingga kerja menjadi lebih mudah dan cepat. Aplikasi penunjang yang tersedia bisa bermacam-macam jenisnya seperti aplikasi database, aplikasi pengolah data, serta aplikasi administrasi perkantoran.

Aplikasi Administrasi Kantor yang Wajib untuk Digunakan

Aplikasi Administrasi Perkantoran tersedia mulai dari yang gratis maupun berbayar. Penggunaannya ditujukan agar pekerja bisa menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat dan mudah. Berikut adalah aplikasi administrasi perkantoran yang yang bisa digunakan di kantor Anda:

1.Microsoft Office

Aplikasi Microsoft Office sudah banyak digunakan karena menawarkan kemudahan untuk mengolah data, mencatat, maupun menghitung. Aplikasi yang akrab di telinga di antaranya adalah Microsoft Excel, Microsoft Word, dan Microsoft PowerPoint. Selain tiga aplikasi tersebut, Microsoft Office juga menyediakan OneDrive, Microsoft Outlook untuk email Microsoft Access, publisher dan lainnya. Setiap software yang ditawarkan akan Microsoft Office memiliki fungsi yang berbeda-beda tergantung kebutuhan pengguna.

2.Open Office

Open Office beroperasi pada sistem Linux, tapi juga bisa diaplikasikan pada sistem Windows. Aplikasi yang tersedia pada Open Office hampir sama dengan yang tersedia di Microsoft Office seperti pengolah kata, spreadsheet, dan presentasi. 

3.Evernote

Evernote berfungsi sebagai aplikasi mencatat yang memiliki banyak fitur seperti merekam audio, video, membuat catatan per poin, atau lainnya yang berhubungan dengan pekerjaan. Evernote biasa digunakan oleh pekerja yang sibuk bekerja di luar kantor dan perlu mencatat dengan dengan cepat di ponsel.

4.Slack

Slack adalah aplikasi nothing untuk komunikasi sesama karyawan. dengan aplikasi ini anda bisa membuat saluran diskusi berbagi dokumen bahkan mengoperasikan data yang terintegrasi dengan aplikasi lainnya. 

5.Trello

Trello adalah sebuah aplikasi kolaborasi project management untuk karyawan. Dengan Trello, Anda bisa mengatur proyek individu/tim kecil maupun alur kerja yang sedang berjalan. Template board yang tersedia di Trello bisa digunakan untuk kebutuhan tim. 

Trello mungkin adalah tempat yang tepat untuk memulai menggunakan project management tools pertama.

Beberapa aplikasi penunjang administrasi kantor tersebut bisa digunakan di PC/Laptop dan smartphone. Hampir semua divisi di kantor menggunakan aplikasi di atas dalam pekerjaan yang dilakukan. 

Memilih Aplikasi Administrasi Kantor Terbaik

Selain membantu urusan pekerjaan lebih mudah, aplikasi administrasi yang dipilih juga harus sesuai dengan kebutuhan. Kunci dari memilih software yang baik yaitu kebutuhan pekerja dan apa yang ingin dicapai dengan menggunakan software tersebut. 

Dengan menggunakan aplikasi terbaik, diharapkan semua karyawan bisa bekerja dan berkolaborasi sehingga makin produktif. 

Untuk memaksimalkan penggunaan aplikasi administrasi di kantor, diperlukan juga perangkat yang mendukung. Asani menyediakan sewa laptop atau komputer untuk kebutuhan karyawan di perusahaan. Lihat katalog Asani lengkap untuk kebutuhan design graphic, editing video, develop website atau aplikasi, serta administrasi, dan bisnis. 


Hubungi Asani untuk mendapatkan penawaran sewa laptop terbaik untuk kantor Anda.

Another Post