Aplikasi Catatan Keuangan Pribadi Gratis dan Berbayar

Kartika Rachmania, Rabu, 11 Mei 2022

Membuat anggaran bulanan sangat penting karena bisa membantu Anda melacak pengeluaran, mengelola pembayaran tagihan, menetapkan penghematan, dan mengelola arus kas bulanan. Anda perlu mencatat setiap pengeluaran agar Anda bisa memantau apakah rencana Anda sesuai dengan kebutuhan harian. Mencatat dan membuat anggaran bulanan bisa dilakukan di satu aplikasi yang memiliki fitur lengkap.

Aplikasi Catatan Keuangan

Aplikasi catatan keuangan adalah aplikasi yang dirancang untuk membantu mencatat arus kas bulanan. Dengan adanya aplikasi catatan keuangan, Anda bisa menempatkan komitmen dan tujuan keuangan di satu tempat. Selain melacak arus kas, aplikasi catatan keuangan juga ada yang menyediakan fungsi tambahan seperti pengaturan tujuan keuangan dan anggaran bulanan. Beberapa aplikasi juga bisa disinkronkan ke rekening bank Anda. 

Fungsi Aplikasi Catatan Keuangan 

Fungsi aplikasi catatan keuangan adalah untuk memastikan apakah Anda memenuhi anggaran yang sudah direncanakan atau tidak. Anda bisa melihat kebiasaan pengeluaran dan melihat ke mana uang Anda pergi. Jika ada salah satu pengeluaran yang membengkak, Anda mungkin bisa mulai merencanakan penghematan. Aplikasi ini bisa sangat membantu Anda yang kesulitan mengelola arus kas pribadi maupun keluarga.

Cara Memilih Aplikasi Keuangan

Memilih aplikasi catatan keuangan yang tepat bisa membuat Anda lebih mudah. Sebelum memilih aplikasi, Anda harus menentukan kebutuhan dan tujuan penggunaan aplikasi. Aplikasi yang tepat dapat sangat bermanfaat memberikan insight mengenai keuangan Anda. Untuk mempersempit pencarian, Anda harus identifikasi tujuan keuangan Anda.

Berikut adalah hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih aplikasi catatan keuangan pribadi maupun keuangan keluarga: 

Fitur

Setiap aplikasi memiliki fitur dan manfaat yang berbeda, jadi Anda bisa mencoba untuk mengecek dan menguji beberapa aplikasi berbeda untuk melihat mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Fitur seperti menghubungkan akun dengan dompet digital atau rekening bank mungkin akan sangat menarik bagi anda. Cek setiap fitur dalam aplikasi dengan mendalam agar Anda bisa mendapat keuntungan maksimal. 

Biaya

Beberapa aplikasi catatan keuangan ada yang tersedia versi gratis maupun berbayar. Aplikasi gratis mungkin menawarkan fungsi yang sama tapi memiliki keterbatasan fitur dibandingkan versi berbayar. Jika Anda tidak merasa cukup dengan fitur yang ada di versi gratis, Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli layanan premiumnya. Jika aplikasi tersebut bisa membantu kehidupan pencatatan maupun penganggaran keuangan Anda, maka tidak ada salahnya mengeluarkan uang untuk membeli aplikasi tersebut. 

Keamanan

Keamanan informasi pribadi Anda sangat penting, terutama seputar data perbankan dan login. Pastikan untuk mengecek tingkat keamanan aplikasi apalagi jika ada fitur sinkronisasi akun dan rekening bank. Keamanan yang baik akan mencegah penyusup atau hacker mengakses informasi pribadi. 

Pelayanan pelanggan

Sebelum memilih aplikasi, pastikan apakah ada layanan pelanggan yang akan membantu ketika Anda memiliki masalah teknis pada aplikasi. 

Aplikasi Catatan Keuangan Gratis dan Berbayar

Berikut adalah aplikasi catatan keuangan gratis dan berbayar untuk pribadi maupun keluarga:

Wallet

Tidak hanya untuk mencatat keuangan, Wallet juga bisa melakukan sinkronisasi dengan akun perbankan. Jadi, transaksi yang dilakukan dengan online banking bisa langsung terekam di aplikasi. Di aplikasi ini, Anda juga bisa menentukan anggaran dan membuat tujuan menabung yang bisa dicek progresnya. Tidak perlu takut lupa. Aplikasi ini bisa digunakan versi gratis dan premium di Android dan iOs sesuai dengan fitur yang Anda butuhkan.

Money Lover

Aplikasi ini cocok untuk mencatat pengeluaran harian yang bisa diklasifikasikan berdasarkan kategori tertentu. Aplikasi ini juga tersedia versi gratis dan premium di Android dan iOs.

Mint

Selain untuk mencatat keuangan, aplikasi Mint juga bisa mengingatkan tagihan, menyusun anggaran pengeluaran. Mint juga bisa disinkronkan dengan akun keuangan lain sehingga bisa dengan mudah melacak pengeluaran. 


Itulah beberapa aplikasi catatan keuangan pribadi dan keluarga di Android maupun iOs. Selain membandingkan berbagai macam aplikasi, Anda juga bisa membaca ulasan mengenai aplikasi untuk membantu Anda menentukan pilihan.

Jika Anda membutuhkan laptop atau komputer untuk perusahaan karena laptop lama bermasalah, Asani menyediakan sewa laptop atau komputer dengan spesifikasi yang sesuai kebutuhan Anda. Asani juga memberikan instalasi software termasuk Microsoft Office bagi perusahaan yang sudah menyewa di Asani. Lihat katalog Asani lengkap untuk kebutuhan design graphic, editing video, develop website atau aplikasi, serta administrasi, dan bisnis. 

Hubungi Asani untuk mendapatkan penawaran sewa laptop terbaik untuk kantor Anda.

Another Post