Aplikasi Database Project untuk Kantor

Kartika Rachmania, Selasa, 7 September 2021

Transformasi digital telah membuat bisnis kecil maupun bisnis kecil besar harus mengumpulkan data dari setiap apa pun yang dilakukan. Database adalah kumpulan informasi / data terstruktur yang terorganisir dan disimpan secara elektronik dalam sistem komputer. Database biasanya dikendalikan oleh sistem manajemen database. Data dalam tipe database yang paling umum biasanya dimodelkan dalam serangkaian tabel berisi baris dan kolom agar proses menjadi efisien. Data bisa diakses, dikelola, diperbarui, dikendalikan dengan mudah. Sebagian besar database menggunakan query terstruktur (SQL) untuk menulis dan meminta data. 

Perbedaan Database dan Spreadsheet

Database dan Spreadsheet adalah sebuah cara mudah untuk menyimpan informasi. Spreadsheet dirancang untuk satu pengguna atau pengguna dalam jumlah kecil yang tidak perlu melakukan banyak manipulasi data dengan rumit. Sementara itu, database dirancang untuk menampung koleksi informasi terorganisir dalam jumlah yang sangat besar dan memungkinkan banyak pengguna bisa mengakses data dengan cepat dan aman menggunakan logika dengan bahasa yang sangat kompleks.

Perbedaan utama antara database dan spreadsheet yaitu:

  • Bagaimana cara data disimpan dan dimanipulasi
  • Siapa saja yang bisa mengakses data
  • Berapa banyak ada yang dapat disimpan 

Apa itu Software Database?

Software database adalah aplikasi database atau sistem manajemen database untuk mengelola database project dengan efektif dan efisien. Software database dapat membantu menginput dan update database project serta melakukan pemanggilan query secara lebih cepat.

Tips Memilih Aplikasi Database

Ada banyak aplikasi database yang bisa dipilih. Untuk menentukan mana yang sesuai berikut adalah tips yang bisa anda pertimbangkan: 

  • Harga / Budget
  • Fleksibilitas
  • User Interface
  • Kapasitas penyimpanan
  • Security
  • Fitur Tambahan
  • Support Tech

Aplikasi Database Project 

1.MySQL

MySQL adalah database relasional yang bersifat open source. Aplikasi populer untuk web desainer amatir maupun profesional. MySQL memiliki kompleksitas yang rendah 

2.Microsoft SQL Server

Microsoft SQL Server adalah salah satu aplikasi database relasional terbaik dan efektif untuk memproses data berukuran besar. Sebuah server yang cocok untuk menyimpan dan menerima beberapa permintaan dalam satu waktu. Aplikasi ini cocok untuk project database perusahaan besar yang memiliki kepentingan untuk melindungi data konsumen yang sensitif.

Kapasitas penyimpanan database ini bisa disesuaikan hingga ratusan TB (migrasi ke cloud Microsoft Azure).

Harga:

- Gratis: Versi Express dan Developer 

- Versi lainnya mulai dari $973 hingga $14,256 (sekali bayar) 

3.Oracle

Oracle adalah salah satu aplikasi database yang populer karena memiliki performa yang tinggi dan mampu memproses data meskipun ada peningkatan workload. Oracle bersifat multi user hingga bisa diakses banyak pengguna. Oracle memiliki fitur untuk menentukan hak akses user berdasarkan data tertentu dan dilengkapi password untuk menjaga keamanan data. Oracle cocok digunakan oleh perusahaan yang memiliki data cukup besar dan kompleks. 

Untuk menggunakan Oracle, dibutuhkan perangkat dengan spesifikasi tinggi. 

Harga: Harga bervariasi berdasarkan ukuran dan tipe bisnis yang dimiliki yaitu mulai dari $350 - $950


Saat ini, banyak sekali pilihan aplikasi database project yang membantu pengguna untuk mengelola data. Kunci dari memilih software yang baik yaitu kebutuhan pekerja dan apa yang ingin dicapai dengan menggunakan software tersebut. 

Untuk mendukung kerja, tidak hanya dibutuhkan aplikasi database yang terbaik, tapi juga perangkat dengan spesifikasi tinggi. Asani menyediakan sewa laptop atau komputer untuk kebutuhan karyawan di perusahaan. Selain laptop untuk developer, katalog Asani tersedia laptop untuk graphic design, administrasi, dan bisnis. 

Hubungi Asani untuk mendapatkan penawaran sewa laptop terbaik untuk kantor Anda.


Referensi:

https://startinfinity.com/blog/online-database-software

https://www.adamenfroy.com/database-software


Another Post