Aplikasi Desain Grafis Terbaik 2021

Kartika Rachmania, Jumat, 3 September 2021

Desain yang fresh bisa menarik perhatian pengunjung atau audience dari platform yang Anda gunakan untuk promosi. Memilih aplikasi desain grafis yang terbaik adalah salah satu cara agar Anda bisa mengoptimalkan kreativitas hingga menghasilkan desain yang menarik. Untuk mengetahui software mana yang cocok dengan Anda, ada baiknya mengetes dan mencoba menggunakannya sendiri. Setiap software memiliki fitur cara penggunaan, performa, dan kontrol yang berbeda. Sebuah software yang lengkap biasanya memiliki berbagai kontrol dan kemudahan yang juga bisa dimengerti oleh pengguna pemula maupun yang berpengalaman. Namun, beberapa tahun ini sudah banyak software 

Memilih Aplikasi Desain Grafis 

Hal yang harus dipertimbangkan dalam menemukan software yang cocok untuk digunakan di antaranya:

  • Fitur

Ketahuilah apa yang Anda butuhkan untuk bekerja. Apakah membutuhkan banyak desain vektor, pixel atau tools yang dibutuhkan. Dan jika metode kerja Anda banyak kolaborasi, maka bisa menggunakan software desain grafis yang memiliki layanan cloud untuk kolaborasi dan berbagi file dengan mudah.

  • Budget

Anda bisa juga mempertimbangkan apa yang bisa Anda dapatkan pada software berbayar dan open source. Analisa kebutuhan dan bandingkan fitur yang Anda dapatkan. Jika sudah menemukan software yang Anda inginkan, apakah budget cukup untuk berlangganan? 


Dengan memikirkan hal di atas, Anda jadi lebih mudah memetakan kebutuhan.

Aplikasi Desain Grafis Terbaik

Banyak aplikasi desain grafis yang menyediakan penawaran trial untuk memberikan akses bagi para pengguna agar bisa mencoba aplikasi langsung dengan lebih mudah. Berikut adalah aplikasi desain grafis terbaik tahun 2021:

1.Adobe Photoshop

Adobe Photoshop adalah salah satu dari aplikasi editing foto paling populer yang menawarkan banyak fitur untuk mengedit gambar dan membuat desain. Aplikasi ini telah digunakan oleh berjuta-juta pengguna di seluruh dunia baik untuk membuat poster, banner website, dan logo. Banyak tools yang bisa digunakan di aplikasi ini. Anda juga bisa menentukan ukuran kanvas serta elemen yang ingin digunakan.

Fitur:

  • Creative Cloud: Sinkronisasi dengan Adobe Creative Cloud memungkinkan Anda mendapat banyak fitur seperti Content-Aware Crop, Face-Aware Liquify, Artboards, Design Space views, Cloud Documents, stylus input support, dan lainnya.
  • User Interface : Anda bisa mengatur layout dari channel dan Windows anda sendiri.
  • Open source GIMP software : Jika anda tidak ingin membayar Anda juga bisa mendownload dan memasang aplikasi ini dengan gratis 

Platform: Windows dan Mac

Harga: Harga berlangganan mulai dari $33,99 dollar / bulan / license 

2.Adobe Illustrator

Adobe Illustrator adalah sebuah aplikasi yang fokus untuk desain vektor. Anda dapat membuat mockup layout website, icon, poster, dan desain lainnya yang digunakan dalam bisnis. Untuk menggambar, Anda bisa menggunakan sharpen tool dan membuat bentuk vektor. Untuk pemula, Adobe juga menyediakan template sehingga bisa menghemat waktu. 

Fitur:

  • Kustomisasi mudah: Adobe Illustrator sangat mudah diatur sesuai keinginan pengguna. Pengguna juga bisa dengan mudah menggunakan fitur Drag and drop untuk memindahkan panel di mana pun di layar.
  • In-Panel editing: Dalam panel editing memungkinkan designer untuk mengedit beberapa artboard dalam waktu bersamaan agar designer bekerja lebih efisien.

Platform: Windows dan Mac

Harga: Harga berlangganan bulanan mulai dari $9.99 untuk personal dan $33,99 untuk perusahaan. 

3.Adobe InDesign

Aplikasi ini biasanya digunakan oleh perusahaan dalam industri publikasi karena bisa mengedit majalah, buku, poster, PDF, brosur, dan lainnya.

 Fitur:

  • Adjust Layout: Dengan fitur adjust layout, desainer bisa mengubah teks ke dalam template kemudian gambar menyesuaikan sendiri. Pemula dapat dengan mudah belajar dengan aplikasi ini.

Platform: Windows dan Mac

Harga: Harga berlangganan mulai dari $20.99 / bulan. 

4.CorelDraw Graphic Suite

Corel Draw Graphic Suite terdiri dari berbagai aplikasi yang menyediakan fitur editing yang baik. Aplikasi ini ini memiliki web graphic tools dan preset untuk mengembangkan konten web kreatif. 

Fitur:

  • Content: Corel menyediakan ribuan template, font, professional design template, interactive frames, gradien, vektor, dan bitmap.
  • Customizable UI: Anda bisa mengatur UI untuk desktop sendiri. 

Platform: Windows dan Mac

Harga: Harga berlangganan mulai dari $20.99 / bulan. 

5.Sketch

Sketch adalah aplikasi desain grafis berbasis vektor yang cocok untuk desain app, web, dan tampilan muka. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk membuat prototype UI/UX. Namun, aplikasi ini hanya tersedia untuk perangkat Mac. 

Fitur:

  • Template: Tersedia banyak template artboard untuk desain perangkat iOS dan responsive web. Jadi, desainer hanya perlu memilih template dan jenis perangkat.
  • Custom Plugin: Desainer bisa dengan mudah menemukan plugin custom untuk tugas tertentu melalui komunitas.

Platform: Mac

Harga: Harga berlangganan $99 / tahun. 

6.Affinity Designer

Software ini adalah alternatif dari Adobe Illustrator dan sangat cocok digunakan bagi pemula yang baru memulai karir di dunia desain. Affinity Designer bisa digunakan di berbagai perangkat dan Anda bisa membuat banyak artboard di dalamnya. 

Fitur:

  • Dual Environment: Pengguna dapat bekerja dengan pixel art dan vector art tanpa membuka aplikasi lain.
  • Snapping Option: Memungkinkan desainer untuk mengunci posisi objek dan elemen tergantung beberapa hal termasuk grids, alignment guides, shapes, dan nodes dari objek lainnya. 

Platform: Mac, Windows, iPad

Harga: Harga berlangganan $99 / tahun.


Saat ini, banyak sekali pilihan aplikasi desain grafis yang membantu pengguna untuk mengekspresikan kreativitas mereka. Kunci dari memilih software yang baik yaitu kebutuhan pekerja dan apa yang ingin dicapai dengan menggunakan software tersebut. 

Sebuah bisnis membutuhkan seorang graphic designer yang mampu menyajikan pekerjaan dengan baik dan menarik. Untuk mendukung kerja graphic designer tidak hanya dibutuhkan software grafis yang terbaik, tapi juga perangkat dengan spesifikasi tinggi. Asani menyediakan sewa laptop atau komputer untuk kebutuhan karyawan di perusahaan. Selain laptop untuk desainer grafis, tersedia laptop untuk administrasi dan bisnis. 

Hubungi Asani untuk mendapatkan penawaran sewa laptop terbaik untuk kantor Anda.


Referensi:

https://www.adamenfroy.com/best-graphic-design-software

https://www.pixpa.com/blog/graphic-design-software#Sketch

Another Post