5 Aplikasi Edit Video Terbaik di Laptop

Kartika Rachmania, Selasa, 8 Juni 2021

Video adalah salah satu media untuk menceritakan produk atau sesuatu yang bisa menggugah perhatian orang. Aplikasi edit video di laptop bisa membantu Anda menunjukkan keunggulan produk dengan cara membuat materi promosi profesional di media sosial. Ada beberapa software edit video gratis yang bisa Anda gunakan. Video yang diproduksi dengan baik akan meningkatkan ketertarikan orang dalam melihat produk Anda dan akhirnya membeli tanpa ragu. Aplikasi pengolah video benar-benar dibutuhkan jika Anda ingin menghasilkan konten video yang lebih baik.

Aplikasi Edit Video Terbaik di Laptop 

Aplikasi edit video bisa digunakan untuk menambahkan teks, animasi, atau penyesuaian warna pada video. Semua itu dilakukan dengan aplikasi khusus pengolah video. Berikut adalah aplikasi edit video di laptop yang bisa menjadi referensi:

  • Video Editor di Windows 10

Aplikasi ini gratis dan bisa didapat langsung jika Anda menggunakan Windows 10. Anda hanya perlu mencari aplikasi Photos di tab search, kemudian setelah muncul layar Photos, klik Video Editor. Anda bisa mulai mengedit video dengan menambahkan musik, teks, special effect, dan lainnya. Aplikasi ini adalah pengganti dari Windows Movie Maker yang sudah dihentikan penggunaannya di tahun 2017 lalu.

Tersedia untuk: Windows

Harga: Gratis

  • iMovie

iMovie adalah aplikasi gratis untuk mengedit video di Mac OS dan iOS. Aplikasi ini bisa digunakan untuk mengedit video sehingga terlihat profesional dengan menambahkan music, teks, dan efek agar lebih menarik. 

Tersedia untuk: Mac

Harga: Gratis

  • VideoPad

Aplikasi ini gratis dan cocok untuk pemula. Anda bisa mengedit video dengan menambah teks, special effect, overlay, dan lainnya. Video bisa langsung diekspor ke Youtube, Facebook, Google Drive atau perangkat mobile lain. Karena gratis, fitur yang ditawarkan masih sederhana dan kurang lengkap. Namun, untuk sebuah aplikasi video editor gratis, ini sudah lebih dari cukup.

Tersedia untuk: Windows, Mac

Harga: Gratis

  • Adobe Premier Pro

Aplikasi ini sudah banyak digunakan oleh para editor video profesional. Program ini memiliki fitur lengkap dan mudah digunakan. Namun, untuk menggunakan Adobe Premier Pro, Anda harus membayar biaya berlangganan. Jika Anda ingin mencoba aplikasi ini sebelum berlangganan, Anda bisa mencoba aplikasi free trial yang diberikan.

Tersedia: Windows, Mac

Harga: mulai dari Rp283.300,-

  • Lightworks

Lightworks sudah memiliki jutaan pengguna. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mengedit video, menambahkan effect, editing multicam, dan lainnya. Lightworks juga memberikan akses mudah untuk mengekspor video ke Youtube, Vimeo, Facebook, dan Instagram.

Tersedia untuk: Windows, Mac, dan Linux

Harga: versi Pro mulai dari $29.99 / bulan

Memilih Software Edit Video 

Memilih aplikasi edit video yang akan digunakan bisa disesuaikan dengan spesifikasi perangkat laptop atau PC yang Anda miliki. Pilihlah yang sesuai kebutuhan dan cocok dengan spesifikasi laptop karena jika salah pilih bisa saja aplikasi tersebut tidak bisa dijalankan di perangkat Anda dan akhirnya malah membuang waktu.

Another Post