Aplikasi Email Terbaik untuk Kerja 2021

Kartika Rachmania, Senin, 20 September 2021

Email adalah salah satu media yang digunakan orang untuk berkomunikasi dan membantu produktivitas. Tidak hanya untuk berkomunikasi dalam pekerjaan, email juga digunakan untuk mendaftar ke media sosial maupun aplikasi lain. Maka dari itu, email adalah hal yang wajib dan penting dimiliki oleh setiap orang yang membutuhkan akses untuk personal maupun bekerja.

Manfaat Email

Manfaat email yaitu:

  • Salah satu identitas

Anda dapat menghubungi orang yang mencantumkan alamat email.

  • Sarana komunikasi 

Melalui email, Anda dapat menerima dan mengirim pesan kepada orang lain dengan cepat. Tidak hanya dalam bentuk teks, tapi Anda juga bisa menambahkan file gambar, video, atau dokumen lainnya. E-mail juga bisa digunakan untuk melamar pekerjaan dengan mudah.

  • Pendaftaran akun media sosial, berlangganan informasi, pelayanan publik

Anda membutuhkan email untuk mendaftar akun media sosial maupun aplikasi lain termasuk pelayanan publik. Satu akun email umumnya bisa untuk daftar akun di situs yang berbeda sesuai dengan kebutuhan.

  • Sarana pemasaran

Mengirimkan penawaran produk melalui email adalah salah satu teknik marketing online yang dilakukan perusahaan. 

Aplikasi Email Gratis dan Berbayar Terbaik untuk Kerja

Berikut adalah aplikasi email terbaik yang bisa digunakan untuk bekerja maupun untuk kebutuhan personal:

1.Gmail

Gmail adalah salah satu jasa email yang paling banyak digunakan. Gmail mudah digunakan bahkan untuk pengguna baru. Pesan yang masuk otomatis dikategorikan ke dalam Primary, Social, dan Promotion agar Anda bisa fokus dengan konten email yang masuk ke kotak pesan. Gmail juga menyediakan penyimpanan 15GB gratis untuk penyimpanan pesan, drive, dan photos.

Selain versi gratis, Google juga menyediakan versi bisnis berbayar yang memungkinkan Anda menggunakan alamat email dengan domain dari perusahaan. Keuntungan yang didapat dengan versi berbayar:

  • Kapasitas penyimpanan 30GB
  • Unlimited alamat email
  • Garansi 99.9% uptime
  • Support 24/7

2.Microsoft Outlook

Microsoft outlook adalah salah satu aplikasi email yang banyak digunakan oleh perusahaan. Microsoft Outlook sudah terintegrasi dengan Outlook Calendar maupun Contact sehingga memudahkan untuk membagikan jadwal meeting. Microsoft Outlook tersedia sebagai bagian dari Microsoft Outlook Suite yang bisa dibeli sebagai Office 2016 atau berlangganan Microsoft 365.

Untuk versi gratis, Anda akan mendapatkan kapasitas penyimpanan 15GB untuk mailbox dan 5GB OneDrive. Untuk layanan berbayar, Anda akan mendapatkan kapasitas 50GB mailbox dan 1TB OneDrive.

3.Mail and Calendar

Windows memiliki layanan built-in Mail and Calendar untuk penggunanya. Ketika masuk ke Windows menggunakan alamat Live, Hotmail, atau Outlook, akun tersebut sudah dimasukkan langsung ke email klien. Layanan ini juga bisa menggunakan akun Gmail, Yahoo, dan iCloud. 

4.Mailbird

Mailbird adalah email app yang menjanjikan pengguna bisa menghemat waktu untuk mengatur banyak akun. Mailbird memiliki dua versi yaitu Personal dan Business. Versi personal bisa didapatkan gratis, sedangkan Business dengan berlangganan atau membeli sekali untuk selamanya.

 Mailbird Business menyediakan tema gratis untuk menjadikan email lebih menarik dan bisa dikustomisasi. Mailbird juga terintegrasi dengan banyak aplikasi seperti Whatsapp, Facebook, Twitter, Dropbox, Google Docs, Slack dan lainnya untuk membuat alur kerja lebih baik. Namun, di aplikasi ini tidak ada filter untuk mengatur kotak masuk.

5.eM Client

eM Client adalah salah satu alternatif aplikasi email untuk Windows dan menyediakan banyak fitur termasuk kalender, kontak, dan chat. Layanan tersedia untuk berbagai layanan email termasuk Gmail, iCloud, Outlook.com, dan Yahoo. eM Client tersedia gratis maupun berbayar.


Layanan yang paling popular adalah Gmail atau Apple Mail. Pengguna yang sudah nyaman menggunakan ekosistem Google atau Apple biasanya tidak akan pindah layanan. Pengguna yang terbiasa menggunakan Microsoft akan lebih nyaman menggunakan Microsoft Outlook.

Saat ini, banyak sekali pilihan aplikasi email yang membantu pengguna. Pilihan yang tepat bisa ditentukan berdasarkan kebutuhan perusahaan. 

Untuk memaksimalkan penggunaan email, diperlukan juga perangkat yang mendukung. Asani menyediakan sewa laptop atau komputer untuk kebutuhan karyawan di perusahaan. Lihat katalog Asani lengkap untuk kebutuhan design graphic, editing video, develop website atau aplikasi, serta administrasi, dan bisnis. 

Hubungi Asani untuk mendapatkan penawaran sewa laptop terbaik untuk kantor Anda.


Referensi:

https://www.techradar.com/best/best-email-clients

Another Post