Aplikasi Catatan Terbaik untuk Kerja atau Personal

Kartika Rachmania, Jumat, 17 Juni 2022

Aplikasi catatan di HP bisa mempermudah Anda saat harus membuat catatan dengan cepat ketika sedang bepergian. Bagi sebagian orang, membuka buku catatan mungkin akan sangat merepotkan. Maka dari itu, untuk mempermudah hidup, Anda bisa menggunakan catatan di HP. Aplikasi membuat catatan ini bisa digunakan untuk mencatat atau menulis ide, inspirasi, informasi bisnis, atau bahkan pengingat jadwal Anda.  


Aplikasi Catatan Terbaik untuk Kerja atau Personal

Aplikasi pencatat terbaik adalah aplikasi yang mampu mempermudah hidup Anda. Biasanya beberapa jenis ponsel sudah memberikan aplikasi catatan gratis saat Anda membeli ponsel baru. Namun, biasanya fitur masih terbatas, maka dari itu Anda bisa memasang aplikasi lain di luar aplikasi yang disediakan oleh ponsel. Berikut adalah aplikasi catatan terbaik untuk kerja dan personal:


Microsoft OneNote

Microsoft OneNote adalah aplikasi pencatat gratis dan fiturnya lumayan lengkap. Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda hanya perlu menginstal dari Playstore atau App Store dan memiliki akun Microsoft lalu catatan Anda akan tersimpan di OneDrive. Setiap Notebook dibagi beberapa bagian dengan sub bagian yang disebut halaman. Dan setiap halaman adalah kanvas tempat Anda dapat menambahkan catatan apa pun yang Anda suka, di mana pun dan kapanpun. Anda bisa menambahkan gambar, catatan, bahkan Anda juga bisa menggunakan stylus. Jika Anda menggunakan OneNote secara terpisah dari Office 365, Anda akan mendapat kapasitas 5GB di OneDrive. 


Google Keep

Google Keep adalah aplikasi pencatatan paling sederhana keluaran Google. Anda bisa menggunakan Keep untuk menyimpan catatan digital dengan membuat list atau model post-it. Anda bisa memberikan label, mengganti warna, bahkan menautkan catatan di halaman paling atas. Untuk menggunakan Keep, Anda bisa mengunduh aplikasi di Playstore ataupun App Store. Namun, Anda juga bisa menggunakan web browser untuk mengaksesnya. Pastikan juga Anda memiliki akun Google. Jika Anda senang menggunakan ekosistem Google, Anda pasti akan senang menggunakan aplikasi ini. 


Apple Notes

Jika Anda sudah nyaman di ekosistem Apple, Anda tidak perlu mencari terlalu jauh untuk mendapatkan aplikasi pencatat yang terbaik dan gratis. Apple Notes tersedia di di mac OS dan iOS, serta dapat digunakan melalui browser Anda. Jika Anda menggunakan PC, Anda cukup mengaksesnya melalui icloud.com/notes. Anda bisa menambahkan teks, melampirkan gambar, memindai dokumen, menggambar atau menulis tangan, menambahkan daftar periksa, memformat sesuatu ke dalam tabel, dan banyak lagi. 


Notion

Notion memang bukan sekadar aplikasi pencatat saja. Fitur kolaboratif manajemen proyek bisa sangat membantu jika Anda ingin berkolaborasi dengan rekan kerja atau teman. Setiap dokumen atau catatan baru disebut halaman, dan semua yang ada di Notion disebut sebagai blok. Di dalam Blok mencakup elemen dasar seperti teks, daftar periksa, dan judul, serta berbagai jenis media seperti gambar, video, audio, file, dan lainnya. Anda bisa menggunakan berbagai kombinasi elemen sesuai yang Anda inginkan. Di Notion juga tersedia berbagai template yang bisa Anda modifikasi sesuai dengan kebutuhan. Notion tersedia di Android, iOs, macOS, Windows, dan website.  


EverNote

Evernote adalah salah satu aplikasi membuat catatan yang populer di kalangan pengguna pencatatan digital. Di aplikasi ini Anda bisa menambahkan teks, audio, gambar dokumen, email, dan lainnya. Evernote juga bisa membaca tulisan tangan dan mengubahnya menjadi teks seolah-olah Anda mengetik sendiri lalu Anda bisa melakukan pencarian menggunakan teks. Namun, perlu diingat bahwa tulisan Anda harus rapi agar sistem bisa membacanya. 

Untuk menggunakan Evernote dengan fitur lengkap, Anda harus berlangganan premium yang ditagihkan per bulan. Jika menggunakan versi gratis mungkin ada keterbatasan fitur pada aplikasi. 


Cara Memilih Aplikasi Catatan Terbaik

Cara menentukan aplikasi catatan yang terbaik untuk Anda adalah dengan mengetahui seberapa besar kebutuhan Anda. Apakah Anda hanya memerlukan aplikasi sederhana tanpa perlu menambahkan media seperti gambar atau video? Apakah Anda memerlukan aplikasi yang membantu Anda berkolaborasi dengan orang lain? Untuk penggunaan sederhana, Anda bisa memanfaatkan aplikasi gratis seperti Microsoft OneNote. Namun, jika ingin menggunakan fitur dengan maksimal, maka pilihlah aplikasi yang berbayar seperti EverNote. 


Untuk mempermudah penggunaan aplikasi catatan secara mobile, Asani bisa membantu kantor Anda dengan menyediakan perangkat IT bagi semua karyawan perusahaan Anda. Selain itu, Asani menyediakan sewa laptop atau komputer dengan spesifikasi yang sesuai kebutuhan karyawan call center di perusahaan Anda. Dengan perangkat dan software call center terbaik, agen call center maupun contact center Anda bisa bekerja dengan baik. 

Segera hubungi Asani untuk mendapatkan penawaran sewa laptop terbaik untuk kantor Anda.

Another Post