Aplikasi Perkantoran Online yang Disediakan Google

Kartika Rachmania, Jumat, 22 Oktober 2021

Aplikasi perkantoran online yang disediakan google adalah Google Workspace. Di dalam Google Workspace, semua orang dalam tim bisa berkolaborasi dengan mudah. Aplikasi yang termasuk dalam Google Workspace di antaranya:

1.Gmail

Gmail adalah aplikasi email yang populer untuk kebutuhan pribadi maupun bisnis. Jika menggunakan layanan Workspace, Anda akan mendapat alamat email custom dengan nama domain perusahaan Anda. Hal itu akan membuat perusahaan terlihat profesional.

2.Google Docs

Google Docs adalah aplikasi untuk menulis dan mengedit dokumen. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda berkolaborasi dalam waktu bersamaan secara gratis. Anda bisa mengedit, mengganti font, menambah gambar, tautan, dan tabel dengan mudah. Jika Anda memiliki file dengan format .docx dari Word, Anda tetap bisa mengedit di Google Docs. Konversi file Word ke Google Docs dan sebaliknya sangat mudah dilakukan.

3.Google Sheet

Google Sheet adalah aplikasi pengolahan angka dengan fungsi seperti Excel di Microsoft Office. Sama halnya dengan Google Docs, Anda bisa berkolaborasi dengan tim dalam waktu yang bersamaan. Semua dokumen yang dikerjakan akan tersimpan secara otomatis sehingga Anda tidak perlu khawatir jika terjadi sesuatu pada laptop. Jika Anda memiliki file dengan format .xlsx dari Excel, Anda tetap bisa mengedit di Google Sheet. Konversi file Excel ke Google Sheet dan sebaliknya sangat mudah dilakukan.

4.Google Slides

Google Slides adalah aplikasi untuk membuat file presentasi seperti aplikasi Power Point pada Microsoft Office. Anda bisa berkolaborasi dengan tim di Google Slides dalam waktu yang bersamaan. Anda bisa menambahkan objek, gambar, tabel, animasi dan lainnya. 

5.Google Meet

Google Meet adalah aplikasi meeting online untuk tim. Google Meet terintegrasi langsung dengan Gmail dan Calendar. Anda bisa membuat jadwal meeting melalui undangan lalu mengirimkannya melalui email atau langsung berbagi link yang Anda miliki pada rekan kerja. 

Anda bisa mengontrol siapa saja yang dapat mengakses file yang Anda miliki dalam fitur share. Selain lima aplikasi di atas, dalam Workspace juga termasuk Calendar, Chat, Drive, Keep, Foms, Sites, Currents, Apps Script, dan Cloud Search.

Memilih Aplikasi Perkantoran Terbaik

Selain membantu urusan pekerjaan lebih mudah, aplikasi perkantoran yang dipilih juga harus sesuai dengan kebutuhan. Kunci dari memilih software yang baik yaitu kebutuhan pekerja dan apa yang ingin dicapai dengan menggunakan software tersebut. 

Dengan menggunakan aplikasi terbaik, diharapkan semua karyawan bisa bekerja dan berkolaborasi sehingga makin produktif. 

Untuk memaksimalkan penggunaan aplikasi di kantor, diperlukan juga perangkat yang mendukung. Asani menyediakan sewa laptop atau komputer untuk kebutuhan karyawan di perusahaan. Lihat katalog Asani lengkap untuk kebutuhan design graphic, editing video, develop website atau aplikasi, serta administrasi, dan bisnis. 

Hubungi Asani untuk mendapatkan penawaran sewa laptop terbaik untuk kantor Anda.


Another Post