5 Aplikasi yang Bisa Bantu Kamu Go Paperless

Kartika Rachmania, Kamis, 28 Juli 2022

Apakah Anda masih bergantung pada kertas? Berapa banyak tumpukan kertas lama di rumah atau di kantor? Apakah sudah ada tumpukan kertas baru yang mulai menggunung dan memadati rumah atau kantor? Apa yang akan Anda lakukan dengan tumpukan tersebut? Jika Anda bingung bagaimana menjawab pertanyaan terakhir, mungkin, inilah saatnya untuk memulai kebiasaan baru yaitu go paperless~

Paperless bukan berarti Anda tidak bisa menggunakan kertas, tapi Anda bisa mulai untuk tidak selalu bergantung pada kertas. Contohnya, Anda mulai mencatat menggunakan catatan digital di aplikasi HP. 

5 Aplikasi yang Bisa Bantu Anda Go Paperless

Berikut adalah 5 aplikasi yang sangat berguna dan menunjang hidup paperless Anda:

  • Layanan penyimpanan online / Storage Service

Layanan penyimpanan online adalah tempat di mana Anda menyimpan semua berkas atau dokumen secara online. Beberapa cloud storage yang populer di antaranya yaitu Microsoft OneDrive dan Google Drive. Pilihlah penyimpanan online yang mudah diakses di mana pun dan kapan pun. 

  • To-do list app

To do list app adalah aplikasi tempat Anda mencatat dan mengatur jadwal maupun pekerjaan yang harus Anda lakukan. Selain itu, Anda juga bisa mencatat barang belanjaan atau lainnya. Contoh aplikasi to-do list adalah to do ist, Microsoft To Do, dan Google Keep.

  • Aplikasi tanda tangan online (e-signature)

Aplikasi tanda tangan online aplikasi yang bisa membantu Anda menandatangani dokumen dengan mudah. Dengan adanya aplikasi ini, Anda bisa menandatangani dokumen di mana pun dan kapan pun. 

  • Aplikasi scanning

Aplikasi scanning dapat membantu Anda memindai dokumen fisik menjadi dokumen digital dengan lebih cepat.

  • Aplikasi pengiriman/sharing dokumen.

Aplikasi pengiriman atau sharing dokumen dapat mempercepat pekerjaan karena Anda tidak perlu mencetak dokumen lalu mengirimkan secara konvensional. Beberapa aplikasi bahkan sudah menyertakan e-signature ke dalam fiturnya sehingga bisa mempersingkat alur pekerjaan.

 

Aplikasi di atas memiliki fungsi dasar yang membantumu mencatat, mengirim, memindai, bahkan menandatangani dokumen dengan mudah. Memulai kebiasaan baru itu memang sulit, tapi memang harus dilatih dan dibiasakan. Jika ingin mengubah dunia, mulailah dengan mengubah kebiasaan Anda.

Jika kantor Anda membutuhkan laptop baru, Asani bisa membantu kantor Anda dengan menyediakan perangkat IT bagi semua karyawan perusahaan Anda. Selain itu, Asani menyediakan sewa laptop atau komputer dengan spesifikasi yang sesuai kebutuhan karyawan di perusahaan Anda. Segera hubungi Asani untuk mendapatkan penawaran sewa laptop terbaik untuk kantor Anda.