Aplikasi yang Wajib Install di Laptop atau PC

Kartika Rachmania, Jumat, 19 Maret 2021

Ketika memiliki laptop atau PC baru, Anda pasti ingin segera mengisinya dengan software yang bisa membantu Anda bekerja atau belajar dengan maksimal. Meskipun sudah ada software bawaan dari laptop, tapi biasanya masih terbatas. Simak artikel ini untuk mendapatkan daftar software komputer yang wajib di-install di laptop Anda.

Aplikasi Wajib Install di Laptop

Aplikasi yang di-install memiliki fungsi yang berbeda dan saling melengkapi. Jadi, semua pekerjaan bisa dengan mudah dilakukan dalam satu device.

1. Microsoft Office

Microsoft Office adalah software yang wajib ada di laptop. Urusan sekolah, pekerjaan, atau keperluan lain pasti membutuhkan Office. Anda bisa membeli lisensi untuk menggunakan dalam waktu bulanan atau tahunan.

2. Antivirus

Fungsi antivirus tak hanya membersihkan virus, tapi bisa memberikan keamanan dan perlindungan pada data dan sistem komputer juga. Jadi, antivirus termasuk software yang penting ada di laptop.

3. Web Browser

Saat Anda menginstall sistem operasi, sebenarnya sudah ada web browser default yang terpasang di laptop atau komputer Anda. Namun, Anda juga bisa menambahkan web browser lain seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox. Banyak fitur-fitur yang mungkin bisa kamu gunakan di browser tersebut. Hanya saja, sebelum install kamu harus sesuaikan spesifikasi laptop dengan software yang akan di-install.

4. PDF Reader dan Converter

Untuk membuka file dengan format PDF, Epub, XPS, atau format lainnya, Anda membutuhkan aplikasi yang bisa membaca format tersebut. Ada beberapa rekomendasi yang bisa Anda gunakan seperti Adobe Acrobat atau Sumatra PDF.

5. Transfer File

Anda bisa menggunakan software pengganti Bluetooth untuk mentransfer data dari ponsel ke laptop seperti SHAREit. Aplikasi ini mudah digunakan di Android atau iOS.

6.  ZIP / WinRar

Aplikasi ini digunakan untuk extract file yang telah di-compress dalam bentuk file ZIP atau RAR.

7. Cloud Storage

Saat ini, lebih praktis menggunakan cloud storage untuk antisipasi jika terjadi sesuatu pada laptop dan Anda belum sempat melakukan backup data. Layanan could storage ini juga bisa digunakan di beberapa device sehingga memungkinkan akses data lebih mudah. Untuk kolaborasi dengan beberapa akun pun bisa sangat mudah dilakukan. Cloud Storage yang bisa Anda gunakan di antaranya adalah OneDrive, Dropbox, dan Google Drive.

8. Download Manager

Untuk mempercepat waktu download file, Anda bisa install aplikasi Internet Download Manager. Waktu tunggu Anda akan menjadi singkat!

9. CC Cleaner

Aplikasi ini sangat berguna untuk mempercepat komputer atau laptop sebab CC Cleaner mampu membantu membersihkan junk files, caches, temporary files, hingga file yang tak dibutuhkan lainnya. Bahkan, file ‘Bad Registry’ juga akan dibersihkan otomatis oleh aplikasi ini. Niscaya, performa laptop Anda akan semakin cepat.


Sebelum membeli laptop, pastikan Anda tahu apa yang dibutuhkan untuk dapat bekerja dengan baik. Setelah itu, install aplikasi di atas agar produktivitas Anda tetap maksimal.


Jika perusahaan Anda ingin update software laptop atau komputer di kantor, Anda bisa menggunakan jasa ASANI. Selain menawarkan jasa pembaharuan software, Anda juga bisa menyewa laptop untuk kebutuhan perusahaan Anda. 

Another Post