Asal-usul Software

Kartika Rachmania, Jumat, 4 Juni 2021

Software adalah kombinasi instruksi untuk melakukan tugas tertentu. Software dibutuhkan pada perangkat elektronik seperti laptop, komputer, dan smartphone. Teori software pertama kali diusulkan oleh Alan Turing pada tahun 1935 dalam esai yang berjudul “Nomor komputasi dengan aplikasi ke masalah Entscheidung.” 

Namun, kata software diciptakan oleh ahli matematika dan statistik yang bernama John Tukey pada tahun 1958.

Perkembangan Software dari Masa ke Masa

Sejarah dan perkembangan software terbagi ke dalam 4 era:

- Era Pioner : Punched Card

Awal mulanya, software merupakan sambungan-sambungan kabel ke antar bagian komputer. Ciri khas software ini dibuat menyatu dengan hardware. Proses yang dilakukan yaitu instruksi diproses secara berurutan. Komputer diakses dengan menggunakan punched card.

- Era Stabil : Sistem Basis Data

Pada masa ini, software sudah menjadi sebuah produk dan bisa menjalan proses secara bersamaan sehingga lebih mudah dalam melakukan pekerjaan. Software telah mengenal sistem Basis Data yaitu sistem yang memisahkan antara data dan program. Sistem bisa menyelesaikan instruksi secara real time serta dapat diakses banyak pengguna.

- Era Mikro : Software sistem, Software aplikasi, bahasa pemrograman

Pada era ini, software komputer dibagi menjadi 3 bagian yaitu software sistem, aplikasi, dan bahasa pemrograman. Berikut adalah penjelasannya:

  • Software sistem mempunyai fungsi untuk mengontrol dan manajemen hardware serta operasi dasar sistem. Contoh software sistem adalah Windows, Linux, Macintosh.
  • Software aplikasi adalah software yang melakukan tugas tertentu seperti editing dokumen, gambar, presentasi, dan lainnya. Contoh software aplikasi di antaranya adalah Office. 
  • Bahasa Pemrograman biasanya berisi instruksi untuk memberikan perintah pada tiap perangkat. Contoh bahasa pemrograman adalah PHP, Java, Visual Basic, dan lainnya.

- Era Modern : Android, Symbian.

Software tidak hanya digunakan pada laptop atau komputer, tapi juga ponsel seperti untuk Android atau Symbian. Pada era ini, software sudah bisa mengenali gambar hingga suara.


IT Service ASANI untuk Kantor:

- Instalasi software

- Upgrade RAM / SSD / HDD

- Mengganti part yang rusak seperti RAM / SSD / HDD, keyboard dan layar

Another Post