Bahaya Memangku Laptop di atas Paha

Kartika Rachmania, Senin, 22 Maret 2021

Ketika Anda sedan menggunakan laptop untuk pekerjaan sehari-hari, terkadang Anda pernah secara sengaja atau tidak sengaja memindahkan laptop dari meja ke pangkuan. Namun ternyata kebiasaan memangku laptop di atas paha bisa membahayakan kesehatan. Apa saja masalah kesehatan yang ditimbulkan?

Bahaya Memangku Laptop di Atas Paha

1. Gangguan Kulit

Gejala dari kebiasaan memangku laptop di atas paha adalah sindrom kulit terpanggang akibat memangku laptop di atas paha dalam jangka waktu penggunaan yang lama. Dalam sebuah jurnal Pediatrics, disebutkan sebua kondisi nyata dan beberapa kasus lain. Jadi, gangguan ini bukanlah mitos belaka.

2. Membunuh sperma

Dalam jurnal Human Reproduction tahun 2005, dijelaskan hubungan panas laptop dengan jumlah sperma yang berkurang pada pria. Ternyata, panas dari laptop bisa menghangatkan sperma hingga tak aktif lagi. Untuk itu, pria muda yang berusia produktif harus berhati-hati dan mencegah meletakkan laptop di atas paha agar kesuburan tidak terganggu.

3. Sakit punggung, pundak, dan leher

Ketika Anda menggunakan laptop yang diletakkan di atas pangkuan, tanpa disadari Anda akan membungkuk dan terkena risiko nyeri punggung atau leher. Posisi tubuh yang buruk bisa menyeabkan masalah pada punggung dan leher. Jadi, hindari posisi tubuh membungkuk saat menggunakan laptop.

Tips Sehat Agar Tetap Aman Menggunakan Laptop

Berikut adalah tips yang bisa Anda lakukan agar tetap aman dan sehat menggunakan laptop.

1. Jangan letakkan laptop di depan sumber cahaya terang karena pantulan cahaya intens dari layar laptop dan jendela akan membuat mata lelah.

2. Letakkan laptop sejajar arah pandangan mata. Anda bisa meletakkan laptop di atas tatakan seperti cooling pad. Tidak hanya membantu untuk mendinginkan, tapi cooling pad juga membantu laptop sejajar dengan pandangan mata Anda.

3. Istirahat setiap satu jam sekali. Anda bisa menyisihkan waktu 5 menit sekali untuk beristirahat dan melakukan peregangan.

4. Sering mengedipkan mata untuk membuat mata tetap lembab dan basah.

5. Gunakan mouse agar Anda bisa menggerakkan kursor dengan baik dan pastikan dioperasikan setinggi lipatan siku untuk menghindari ketegangan di otot lengan atas dan gangguan pergelangan tangan.

Yuk, hindari kebiasaan memangku laptop di atas paha dan biasakan menggunakan laptop dengan benar agar tak menimbulkan masalah kesehatan nantinya.

Another Post