Berapa Lama Mata Boleh Memandang Layar Komputer?

Kartika Rachmania, Jumat, 2 April 2021

Bekerja seharian selama berjam-jam menatap layar komputer atau laptop bisa berdampak buruk bagi kesehatan mata. Efek yang mungkin terjadi adalah gangguan Computer Vision Syndrome (CVS) atau dikenal dengan istilah digital eyestrain.

CVS adalah kondisi keluhan mata yang timbul akibat paparan cahaya komputer, laptop, atau gawai lain dalam waktu lama. Keluhan yang ditimbulkan mulai dari rasa pegal pada mata, nyeri kepala, pandangan kabur, mata kering, dan nyeri pada bahu. Bahkan, ada yang mengeluh rasa tidak nyaman pada mata dan gangguan penghlihatan setelah berada di depan layar dalam jangka waktu yang lama.

Lalu, bagaimana cara mensiasati mata agar tak cepat lelah?

Pakar American Optometric Association menyarankan aturan 20-20-20 agar terhindar dari CVS. Aturan 20-20-20 berarti Anda tidak boleh menatap layar lebih dari 20 menit secara terus-menerus. Setelah 20 menit, Anda disarankan melihat objek yang jauh (berkisar 20 kaki) selama 20 detik.

Setelah mencoba cara itu ternyata banyak yang merasakan perubahan dan keluhan pada mulai berkurang.

Tips untuk Mencegah CVS

Berikut adalah tips lain untuk mencegah kondisi mata kelelahan:

1. Mengatur Pencahayaan

Untuk mengurangi silau, atur tingkat pencahayaan atau gunakanlah filter layar. Mengatur lampu meja, cahaya dari jendela, dan lampu ruangan juga membantu membuat cahaya layar tak terlalu menyilaukan mata.

2. Mengatur Monitor

Mengatur posisi monitor sekitar 50-70 cm dari wajah dan agak sedikit di bawah mana. Pada posisi tersebut, mata dan leher tidak perlu terlalu tegang untuk dapat melihat ke layar dengan baik. Jika Anda perlu melihat kertas atau buku, gunakanlah sandaran buku dan letakkan buku sejajar dengan layar agar mata tak perlu berubah fokus dan jarak terlalu sering hingga menimbulkan cepat lelah.

3. Menyesuaikan pengaturan komputer dengan kondisi

Mengatur tingkat kecerahan, kontras, dan ukuran tulisan menjadi yang paling nyaman dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

4. Memeriksa mata

Periksakan mata Anda dengan rutin tiap 6-12 bulan sekali untuk mengetahui ada tidaknya masalah pada mata.


Jadi, bila Anda sedang bekerja di kantor atau di rumah kemudian merasa nyeri kepala / pegal mata, bisa jadi itu akibat CVS. Maka dari itu, cobalah aturan 20-20-20 dalam kehidupan Anda.

Another Post