Berapa Lama Waktu Ideal untuk Charge Laptop?

Kartika Rachmania, Kamis, 15 April 2021

Penggunaan dan perlakuan baterai yang berbeda bisa memengaruhi daya tahan serta umur baterai perangkat laptop. Serigkali timbul pertanyaan berapa lama sih waktu ideal untuk nge-charge laptop? Ada kekhawatiran kalau caranya salah maka laptop bisa cepat rusak.

Berapa Lama Waktu Ideal untuk Charge Laptop?

Proses pengisian daya tiap laptop mungkin bisa berbeda tergantung dengan produsen laptop dan tak bisa disamakan. Untuk charge laptop baru, Anda bisa membaca manual book yang tertera dalam box laptop. Meskipun dalam buku panduan tak memberikan informasi detail mengenai lama pengisian daya, tapi ada waktu perkiraan yang bisa Anda ikuti. Ada yang membutuhkan waktu 1-2 jam atau 4-6 jam, semua tergantung pada produsen.

Laptop model baru, biasanya ada informasi “plugged in, not charging” ketika baterai sudah terisi penuh. Notifikasi itu berarti laptop Anda sudah penuh dan tidak mengisi daya ke baterai. Saat itu, charger tak dilepas pun tak masalah. Namun, jika Anda ingin melepas pengisi daya juga tidak apa-apa.

Secara umum, Anda bisa memperhatikan hal ini untuk menjaga baterai tetap awet.

1. Masa Hidup dan Siklus Baterai

Baterai lithium biasanya memiliki umur 300 dan 500 siklus dalam kondisi normal dan kondisi pengoperasian. Dalam penggunaan sedang, jenis baterai ini menghasilkan 80% dari kapasitas asli setelah 300 siklus atau sekitar satu tahun penggunanaan. Umur baterai juga dipengaruhi rancangan sistem, pengaturan data pada sistem operasi, dan suhu lingkungan. Suhu ruangan tinggi dapat membuat baterai kehilangan kapasitas 70% atau lebih dengan jumlah siklus yang sama.

2. Pemeliharaan Baterai

Untuk menjaga masa pakai baterai agar tidak menurun secara cepat, disarankan untuk menggunakan perangkat dalam suhu ruangan yang biasa-biasa saja. Kelembaban tinggi atau lingkungan yang terlalu dingin bisa mempercepat laju pelepasan daya baterai. Jadi, perhatikan baik-baik tempat penyimpanan, jangan terlalu tinggi atau rendah karena bisa memengaruhi jumlah siklus dalam masa pakai baterai.

3. Waktu Pengisian Baterai

Tips untuk mengoptimalkan umur baterai adalah isi daya saat daya tersisa sekitar 20% - 60%. Hindari untuk menggunakan baterai sampai benar-benar habis.

Penting untuk mengetahui tips cara merawat baterai laptop agar Anda tak salah dalam penggunaan dan penyimpanan sehingga umur baterai bisa bertahan lebih lama. Jika Anda mengalami masalah pada laptop perusahaan, hubungi Asani untuk sewa laptop atau service laptop perusahaan.

Another Post