5 Browser Web Terbaik dan Tercepat 2021

Kartika Rachmania, Minggu, 14 Maret 2021

Menggunakan browser web yang tepat akan membuat pengalaman berbeda dalam berselancar di internet sehari-hari. Browser yang Anda gunakan sekarang mungkin bukan yang terbaik, tapi karena telah terbiasa jadi Anda tidak menyadari bahwa ada pilihan lain yang mungkin memiliki kinerja yang lebih cepat, keamanan yang lebih baik, atau fleksibilitas serta ekstensi yang bisa diunduh. Berikut adalah alternatif browser web terbaik dan tercepat yang bisa menjadi pilihan Anda.

Browser Web Terbaik

Berikut adalah alternatif browser web terbaik dan tercepat yang bisa menjadi pilihan Anda.

1. Mozilla Firefox

Siapa yang belum pernah mendengar Firefox? Browser ini sudah dikenal karena fleksibiltas dan dukungan untuk ekstensi. Firefox Quantum dikatakan memiliki kecepatan yang sebanding dengan Google Chrome. Selain bisa digunakan pada komputer dengan spesifikasi tinggi, Forefox juga bisa digunakan oleh pemilik komputer dengan spek standar. Hal ini bisa dilakukan karena Firefox bisa membuat penggunaan RAM yang efisien meski dengan banyak tab yang terbuka.

Firefox juga melindungi privasi penggguna dan tidak memiliki kepentingan untuk menjual data pengguna pada siapa pun.

2. Google Chrome

Chrome adalah browser yang dikeluarkan oleh Google. Dengan browser ini, Anda bisa menambahkan ekstensi dan install sesuai dengan kebutuhan Anda. Ada pengaturan kontrol orang tua dan penyesuaian lainnya. Namun, Chrome ini adalah satu browser terberat dalan penggunaan sumberdaya sehingga tidak cocok untuk perangkat dengan spesifikasi rendah.

3. Microsoft Edge

Microsoft Edge adalah browser default yang terintegrasi dengan Windows 10. Menggunakan Edge ternyata memberikan pengalaman menyenangkan karena super cepat dan mode bacaan terintegrasi membuat website lebih enak dibaca. Edge juga bekerja dengan Cortana, aplikasi modern, dan mode tablet windows 10. Untuk masalah keamanan, Microsoft memastikan bahawa Edge tidak akan mengalami pelanggaran keamanan.

4. Opera

Saat ini, kenaikan pengguna Opera memang tak terlalu banyak. Opera memiliki fitur Opera Turbo yang berfungsi memampatkan lalu lintas web lalu mengubah rute melalui server Opera. Hal itu membuat perbedaan kecepatan penulusuran menjadi lebih cepat apabila Anda berada di tempat dengan koneksi terbatas.

5. Vivaldi

Bagi sebagian orang mungkin nama Vivaldi belum familiar, tapi web browser ini ternyata memberikan pengalaman yang menyenangkan dan personal. Vivaldi dibangun di atas Chromium, artinya Anda bisa menambahkan ekstensi dari Chrome Web Store dengan cara menambahkan plugin. Beberapa ekstensi mungkin terlihat agak berbeda jika digunakan di Vivaldi, tapi sebagian besar masih berfungsi dengan baik. Karena umurnya masih baru, kemungkinan Vivaldi akan terus berkembang dalam beberapa tahun mendatang dengan tambahan fitur lain.


Web browser menjadi salah satu aplikasi penting yang harus ada di komputer atau laptop karena kehidupan berpusat pada internet. Dengan memilih browser yang cepat dan sesuai kebutuhan, maka akan mempermudah pekerjaan Anda. Jangan lupakan juga keamanan dari setiap browser agar data Anda tetap aman.

Untuk mendapatkan aplikasi terbaru untuk laptop atau komputer di perusahaan, Anda bisa menghubungi ASANI mendapatkan jasa instalasi software untuk kebutuhan kantor. Tak hanya instalasi software, ASANI juga menyediakan jasa perbaikan dan upgrade spare part laptop atau komputer perusahaan. 

Another Post