5 Cara agar Kamera Laptop Bagus Saat On Cam

Kartika Rachmania, Kamis, 27 Mei 2021

Banyaknya aktivitas yang dilakukan secara online, diperlukan laptop dengan kamera sebagai salah satu alat yang menunjang pertemuan online di Zoom atau Google Meet. Maka dari itu, kamera laptop menjadi salah satu komponen penting. Namun, yang menjadi masalah adalah kamera laptop atau webcam bawaan dari laptop biasanya memiliki resolusi kecil sehingga tidak mampu menghasilkan gambar dengan kualitas tinggi. Bagi sebagian orang yang mengandalkan laptop sebagai alat meeting online, kamera dengan resolusi rendah bisa menghambat aktivitas. 

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar kamera laptop bisa menampilkan gambar yang bagus dan jernih. Simak tips berikut ini:

  • Membersihkan lensa webcam laptop

Ini adalah cara pertama yang bisa Anda lakukan yaitu memastikan kamera laptop dalam keadaan bersih. Kondisi kamera yang kotor juga bisa memengaruhi kualitas gambar yang dihasilkan sehingga terlihat tidak jernih. Kotoran tersebut akan terlihat seperti bercak pada tampilan video. Anda bisa menggunakan tisu untuk membersihkan kamera laptop atau menggunakan pembersih lensa khusus. Meskipun gambar yang dihasilkan tidak memiliki resolusi tinggi, tapi jika kamera laptop bersih maka gambar yang dihasilkan juga jernih.

  • Memilih background

Background yang Anda gunakan saat melakukan meeting online bisa memengaruhi hasil gambar. Jika Anda menggunakan latar gambar yang gelap maka videonya menjadi tidak bagus dan akan terlihat lebih gelap. Anda bisa menggunakan latar polos dengan warna cerah. Hal itu bisa membuat video terlihat bagus dan berkualitas sehingga anggota meeting bisa melihat Anda dengan lebih jelas.

  • Menggunakan pencahayaan yang pas

Faktor pencahayaan juga berpengaruh pada hasil gambar. Ketika Anda menjalankan video di tempat gelap atau kualitas cahaya yang renda, gambar yang dihasilkan bisa kurang bagus. Maka dari itu, usahakan berada dalam ruangan yang memiliki cahaya yang bagus. Jika memungkinkan, Anda bisa menambahkan lampu khusus sebagai tambahan pencahayaan. Hasilnya tentu akan terlihat lebih bagus dan cerah.

  • Menggunakan kamera smartphone

Langkah ini bisa dilakukan jika Anda ingin menghasilkan gambar yang lebih bagus. Kamera ponsel pintar biasanya memiliki resolusi yang lebih tinggi sehingga menghasilkan kualitas gambar yang lebih bagus. Untuk menjadikan kamera ponsel menjadi kamera eksternal, Anda perlu memasang aplikasi khusus seperti droidcam atau sejenisnya. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, kamera ponsel Anda bisa menggantikan kamera laptop. Untuk tambahannya, Anda bisa menggunakan tripod agar Anda tak perlu memegang kamera terus menerus. 

  • Menggunakan kamera eksternal

Selain menggunakan kamera ponsel, Anda juga bisa menggunakan kamera eksternal lainnya. Banyak merek webcam eksternal yang dijual di pasaran mulai dari harga murah hingga mahal. Webcam eksternal ini akan menggantikan kamera laptop dan biasanya mampu menghasilkan video dengan kualitas tinggi. Hal ini tentu saja akan membuat video Anda terlihat lebih jernih dan jelas. 

Penggunaan laptop untuk meeting online dinilai lebih mumpuni dibandingkan smartphone karena lebih mudah digunakan dan fitur lebih lengkap. Dengan laptop, Anda bisa dengan mudah melakukan presentasi, membagikan file, dan berinteraksi dengan audiens dalam video conference. Jadi, menggunakan laptop memang lebih unggul daripada menggunakan smartphone untuk meeting online. Untuk membuat gambar menjadi lebih jernih, ikuti saja cara di atas. Semoga tips di atas bisa membantu dan bermanfaat untuk Anda. 


Another Post