Cara Berkomunikasi dengan Rekan Kerja di Kantor

Kartika Rachmania, Kamis, 30 September 2021

Salah satu keahlian yang penting untuk dikuasai oleh semua orang adalah komunikasi. Selain di lingkungan keluarga maupun pertemanan, cara berkomunikasi yang baik juga perlu diterapkan di lingkungan kerja. Namun, ada kalanya kita menjadi bingung bagaimana cara berkomunikasi yang baik.  

Cara Berkomunikasi di Kantor

Cara berkomunikasi yang baik dikatakan termasuk salah satu penentu karir seseorang. Cara berkomunikasi yang baik akan menggambarkan cara pekerja membangun pola kerja yang efektif bersama teman satu tim serta menyelesaikan konflik menghadapi rekan kerja. Meskipun hal itu penting, ada karyawan yang belum menerapkan cara berkomunikasi yang baik. 

Berikut adalah tips yang bisa diterapkan untuk membangun komunikasi yang baik dengan semua rekan kerja: 

1.Perhatikan tata bicara

Pergunakan bahasa yang profesional saat berkomunikasi langsung maupun melalui media lain seperti email. Jangan gunakan kata-kata kasar yang tidak pantas pada saat jam kantor. Jika sering bercanda, perhatikan lagi bagaimana cara menyampaikan candaan dan bahasa yang digunakan. Tidak semua orang bisa menerima candaan dengan baik, bisa saja kata-kata yang dikeluarkan menyakiti hati. 

2.Ramah pada semua orang

Bersikap ramah pada semua orang dapat menampilkan kesan positif dalam diri. Ini merupakan salah satu hal yang penting karena bisa membuat rekan kerja tidak sungkan ataupun takut berbicara pada Anda. Bersahabatlah dengan semua orang. 

3.Jadi pendengar yang baik

Selain berbicara dengan baik, menjadi pendengar juga sebuah skill yang harus dimiliki. Mendengarkan rekan ketika sedang berbicara akan membuat mereka lebih nyaman mengobrol. Kemampuan mendengarkan mungkin terdengar mudah, tapi pada kenyataannya tidak semua orang mampu melakukan hal ini. Untuk membiasakan diri mendengarkan orang lain, mulailah dengan mendengarkan lawan bicara sampai selesai lalu beri tanggapan yang baik.

4.Tidak bertele-tele dalam menyampaikan pesan

Sampaikan pesan dengan jelas dan tepat. Jangan bertele-tele hingga membuat orang bosan dan tidak menemukan esensi dari hal yang ingin disampaikan. 

5.Pahami bahasa tubuh 

Sering kali, apa yang dikatakan orang berbeda dengan keadaan yang sebenarnya. Perhatikan bahasa tubuh lawan bicara agar Anda bisa memahami apa yang sebenarnya orang tersebut pikirkan. Anda juga bisa mempelajari bahasa tubuh agar diri Anda terlihat percaya diri di depan orang lain. 

6.Tanyakan hobi atau kehidupan di luar kantor

Salah satu langkah agar pertemanan di kantor bisa terjalin lebih dalam adalah bertanya mengenai kehidupan di luar kantor seperti hobi. Orang akan cenderung lebih terbuka jika Anda terlihat tertarik mendengarkan hobi atau hal-hal yang disukainya. Jangan tanyakan hal-hal pribadi yang menyangkut privasi karena tidak semua orang suka jika privasinya diungkit.

7.Sesuaikan cara berkomunikasi dengan tiap orang (Be Flexible)

Preferensi cara berkomunikasi tiap orang berbeda. Perhatikan juga karakter lawan bicara sebelum berkomunikasi. Mungkin ada yang lebih suka bicara melalui telepon, bertatap muka langsung, video call melalui aplikasi, ataupun via email. Jika Anda menyesuaikan cara berkomunikasi dengan preferensi orang tersebut, komunikasi mungkin bisa berjalan lebih lancar dan nyaman. 

Cara Berkomunikasi dengan Rekan Kerja ketika WFH

Situasi WFH sangat tidak memungkinkan untuk berbicara langsung dan bertatap muka dengan rekan kerja. Namun, hal itu bukan masalah karena komunikasi tetap bisa dilakukan melalui pesan chat, email, telepon, maupun video call. Meeting online dengan fitur video untuk mengobrol sesama pekerja pun lumrah. Namun, tetap diperhatikan lagi bahasa dan pemilihan kata agar tidak ada yang tersinggung. 

Agar proses komunikasi dengan berlangsung lancar, Anda bisa menyewa laptop untuk karyawan yang WFH. Di Asani, kami menyediakan sewa laptop dan komputer untuk kebutuhan kantor. Harga yang ditawarkan kompetitif dengan spesifikasi yang baik. Dengan sewa, Anda tak perlu memikirkan service, karena harga sudah termasuk biaya IT Support. Ajukan sewa laptop melalui kantor ke Asani dan dapatkan banyak manfaat. Konsultasikan kebutuhan laptop di kantor dengan Asani.


Another Post