5 Cara Efektif Menghadapi Perubahan Tren Bisnis

Kartika Rachmania, Jumat, 26 Agustus 2022

Dunia berubah dengan cepat. Di semua sektor bisnis, perusahaan bergulat dengan transformasi yang cepat dan tantangan global seperti perubahan iklim, dan pergeseran kekuatan politik dan ekonomi. Maka dari itu, semua organisasi harus belajar untuk beradaptasi.


5 Cara Efektif Menghadapi Perubahan Tren Bisnis 

Inilah 5 tips cara efektif menghadapi perubahan tren bisnis:


Membuat bisnis yang memiliki tujuan

Tujuan mendefinisikan mengapa organisasi itu ada. Organisasi usaha diharapkan ada untuk melayani tujuan yang bermakna dan tidak hanya memberikan keuntungan bagi pemegang saham. Tujuan yang kuat biasanya menjanjikan transformasi atau perjuangan untuk sesuatu yang lebih baik (dunia maupun hal lainnya).


Menjalankan operasional yang tangguh dan berkelanjutan

Setiap organisasi usaha harus berusaha untuk menghilangkan atau mengurangi biaya lingkungan dalam melakukan bisnis. Keberlanjutan terkait ketahanan berarti mampu beradaptasi dan bertahan untuk jangka panjang. Bisnis apa pun yang mengabaikan keberlanjutan tidak mungkin berhasil.


Mencari keseimbangan antara pekerja manusia dan kecerdasan buatan

Robot dan sistem kecerdasan buatan (AI) yang semakin canggih sudah dapat mengerjakan tugas-tugas yang sebelumnya dilakukan oleh manusia. Hal ini membuat para pengusaha memiliki beberapa pertanyaan kunci: bagaimana kita menemukan keseimbangan antara mesin cerdas dan kecerdasan manusia? Peran apa yang harus diberikan kepada mesin? Peran mana yang paling cocok untuk manusia? Otomatisasi akan memengaruhi setiap industri, jadi para pemimpin bisnis harus mempersiapkan semua karyawan untuk menghadapi perubahan sifat pekerjaan.


Membuat struktur organisasi yang lebih datar dan lebih gesit

Secara tradisional, struktur sebuah organisasi tersusun sangat hierarkis dan kaku. Namun, hal ini juga harus berubah menjadi struktur yang lebih datar dan lebih gesit sehingga memungkinkan bisnis untuk mengatur ulang tim dan merespons perubahan dengan cepat. Hal ini juga merupakan respons terhadap sifat pekerjaan yang berubah, khususnya menjamurnya pekerja lepas dan jarak jauh. 


Memfokuskan merek pada keaslian (authenticity) 

Konsumen mencari hubungan yang lebih bermakna dengan merek. Keaslian membantu membina hubungan antarmanusia karena orang senang melihat merek atau pemimpin bisnis menampilkan kualitas manusia yang penting seperti kejujuran, keandalan, empati, kasih sayang, kerendahan hati, dan bahkan mungkin sedikit kerentanan dan ketakutan. Orang ingin sebuah merek yang tidak hanya fokus untuk sekadar menghasilkan keuntungan. 


Selain hal di atas, perusahaan juga harus selalu bersiap dengan perubahan teknologi seperti kecerdasan buatan dan peningkatan digitalisasi. Jika Anda membutuhkan tambahan perangkat teknologi PC atau komputer terbaru, Asani bisa membantu memenuhi kebutuhan perusahaan. Asani menyediakan perangkat IT terbaik yang termasuk dengan jasa perbaikan dan konsultasi oleh IT Expert, dashboard Asset Management, serta asuransi perangkat. Asani menyediakan berbagai merek laptop dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Jika Anda menyewa di Asani, maka Anda akan mendapatkan semua kemudahan yang memberikan berbagai keuntungan untuk perusahaan. Hubungi Asani untuk mendapatkan penawaran sewa laptop terbaik untuk kantor Anda.

Another Post