Cara Kerja Keyboard

Kartika Rachmania, Kamis, 8 Juli 2021

Keyboard adalah alat input untuk memasukkan informasi atau perintah ke komputer. Keyboard digunakan untuk menjalankan suatu perintah atau instruksi yang nantinya akan diproses oleh sistem pengelolaan informasi komputer. Keyboard biasanya dihubungkan ke komputer dengan menggunakan kabel melalui CPU komputer.

Bagian utama keyboard adalah papan berisikan huruf untuk mengetik dengan susunan pola QWERTY, bagian angka di baris kanan atau atas menyesuaikan tipe keyboard.

Cara Kerja Keyboard Komputer

Keyboard memiliki prosesor dan rangkaian sirkuit yang berbeda dari komputer. Secara internal, tekanan pada papan keyboard akan diubah menjadi data kata. Tahapan cara kerja keyboard:

a. Key Matrix 

Bagian terbesar dari keyboard disebut key matrix. Key matrix adalah sebuah rangkaian yang terletak di bawah papan tombol keyboard. Jika tombol huruf ditekan, rangkaian tersebut akan menyalurkan arus listrik ke sistem pengolahan internal keyboard. Ketika sudah beberapa kali menekan tombol keyboard, sistem akan menginput masukan pada papan. Sistem akan mengenali tombol dan hasil olahan apa yang harus dikeluarkan. Key matrix ini menangkap dan mencatat input dari pengguna untuk diproses menghasilkan olahan digital. 

b. Rangkaian Prosesor

Rangkaian akan tersambung ketika ada penekanan pada key matrix. Setelah itu, rangkaian dalam prosesor keyboard melakukan perbandingan antara lokasi dengan karakter yang datanya telah disimpan sebelumnya.

Keyboard adalah salah satu komponen penting yang harus ada pada komputer. Entah keyboard yang langsung terpasang di laptop maupun keyboard eksternal. 

Jika laptop di perusahaan Anda mengalami masalah pada keyboard, Anda bisa menggunakan jasa service komputer perusahaan Asani. Selain pengecekan komputer bermasalah, Asani juga akan memperbaiki dan memberikan solusi dengan cepat. Untuk informasi lengkap, segera hubungi CS Asani.


Another Post