Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard

Kartika Rachmania, Kamis, 11 Februari 2021

Bagaimana caranya mematikan laptop jika kursornya tak berfungsi? Cara yang sering diambil biasanya adalah dengan menekan tombol Power, tapi tahukah Anda bahwa cara ini ternyata salah? Saat kursor tidak berfungsi, masih ada keyboard yang aktif. Yuk simak cara mematikan laptop dengan keyboard di bawah ini.

Cara Mematikan Komputer dengan Benar

Cara mematikan laptop dengan keyboard bisa dilakukan oleh siapa saja. Dengan memperhatikan cara mematikan laptop dengan benar, maka laptop Anda bisa tetap awet. Cara mematikan komputer dengan benar dan aman dengan langkah berikut:

  1. Memastikan aplikasi di laptop atau komputer sudah dalam keadaan tertutup. Hati-hati jika Anda mematikan paksa perangkat karena ada resiko kehilangan data yang sedang Anda kerjakan.
  2. Lepaskan semua flashdisk, USB atau CD dari laptop sebelum dimatikan.
  3. Jangan menggunakan tombol Power untuk mematikan laptop secara paksa karena bisa merusak komponen di laptop.
  4. Sabar ketika laptop sedang dalam proses Shuting Down. Jangan tutup paksa laptop ketika proses belum selesai karena laptop tidak akan mati dengan sempurna. Pastikan dulu laptop Anda benar-benar mati, setelah itu laptop bisa ditutup.
  5. Letakkan laptop di tempat yang aman.

Pastikan Anda menggunakan perangkat IT dengan baik dan hati-hati.

Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard

Cara mematikan laptop yang wajar biasanya dengan menggunakan mouse lalu mengarahkan pada ikon Windows kemudian mencari pilihan Shut Down. Semua dilakukan dengan mengeklik menggunakan mouse. Namun, ternyata ada cara lain yang juga bisa dilakukan yaitu menggunakan keyboard.

Cara mematikan laptop dengan keyboard ini memberikan beberapa keuntungan yaitu proses shutdown lebih cepat dan anti ribet. Berikut adalah cara mematikan laptop dengan keyboard yang bisa Anda praktikkan.

1. ALT+F4

Cara ini cukup mudah dan bisa dilakukan di semua jenis sistem operasi pada laptop. Caranya mematikan laptop dengan keyboard:

- Tekan tombol ALT, kemudian tekan tombol F4 bersamaan

-  Pilih Shut Down menggunakan tombol panah di keyboard, lalu tekan Enter

-  Laptop akan mati dengan sendiri

Untuk memastikan cara ini bekerja, Anda harus memastikan bahwa semua aplikasi di laptop sudah tertutup.

2. CTRL+ALT+DEL

Cara shortcut ini juga bisa dilakukan pada semua jenis sistem operasi. Berikut adalah caranya:

-  Tekan tombol CTRL, ALT, dan DEL bersamaan

- Gunakan tombol tanpa panah di keyboard untuk memilih opsi Shut Down, lalu tekan Enter

-   Laptop akan mati secara otomatis

3.  WIN+X

Mematikan laptop dengan keyboard dengan menekan tombol WIN + X juga sangat mudah dilakukan. Anda bisa mengikuti cara berikut ini:

- Tekan tombol Windows + X secara bersamaan

- Di layar Anda akan muncul beberapa pilihan, lalu gunakan tombol panah untuk memilih opsi Shut Down, klik Enter

Cara-cara di atas juga bisa dilakukan ketika kursor tidak bisa digerakkan. Jadi, ketika kursor laptop bermasalah masih ada cara mematikan laptop selain menggunakan mouse atau touchpad. Anda tak perlu panik langsung menekan tombol Power karena bisa menyebabkan kerusakan pada komponen laptop baik hardware dan software. Yang penting, jangan matikan laptop dengan tombol Power kecuali kepepet dan tak ada jalan lain.

Cara Mematikan Laptop yang Hang

Ketika laptop atau komputer terlalu panas atau terlalu lama hidup, tidak jarang laptop menjadi not responding atau hang. Saat itu, laptop biasanya menjadi blank dan tidak merespon perintah. Langkah pertama yang biasa disarankan ketika laptop hang adalah menutup program yang membuat masalah atau mematikan laptop. Menutup program bermasalah bisa langsung menekan tanda silang pada program atau melalui Task Manager. Namun, terkadang ada kebingungan bagaimana membuat laptop kembali berfungsi sementara Anda tidak bisa melakukan apa pun karena keyboard atau mouse tak berfungsi. Solusi untuk masalah ini yaitu restart / matikan laptop dengan cara berikut:

1. Menekan CTRL + ALT + DEL

2. Kemudian tekan tombol Power

3. Setelah itu, pilih opsi Shut Down

Jika perusahaan Anda memerlukan update laptop atau komputer baru, Anda bisa menghubungi ASANI. Asani menyediakan jasa sewa laptop perusahaan berkualitas dan jasa perbaikan laptop untuk perusahaan. Semua masalah laptop Anda bisa teratasi dengan menggunakan jasa sewa laptop kantor ataupun jasa perbaikan laptop kantor di ASANI.

Another Post