Cara Membatalkan E-mail yang Sudah Terkirim

Kartika Rachmania, Senin, 5 Juli 2021

Panikkah Anda ketika mengirim e-mail tapi beberapa detik setelahnya menyadari bahwa ada kesalahan dan tidak bisa membatalkan e-mail yang sudah terkirim? Hal ini mungkin pernah dialami setiap orang. Akhirnya, Anda harus mengirim ulang dan menyertakan pernyataan maaf atas kesalahan tersebut.

Menarik e-mail yang telanjur terkirim ternyata ada caranya lho, tapi Anda harus melakukan beberapa setting agar fitur bisa digunakan secara maksimal. Fitur ini tersedia di beberapa layanan penyedia email di antaranya Gmail dan Outlook. Berikut adalah cara menarik pesan di email yang sudah telanjur terkirim. 

Cara Menarik e-mail yang sudah telanjur terkirim di Gmail

  1. Pada halaman Gmail, klik ikon Setting lalu klik See all setting
  2. Pada tab General, cari Undo Send lalu ubah durasi menjadi 30 detik. Kemudian tekan Save changes
  3. Setelah mengatur durasi undo, selanjutnya jika Anda ingin membatalkan pesan yang sudah terkirim, maka klik opsi Undo di layar yang muncul secara otomatis setelah Anda mengirim pesan dengan segera sebelum waktu 30 detik berakhir. Secara otomatis, pesan akan dibatalkan. 

Cara Menarik e-mail yang sudah telanjur terkirim di Outlook

Cara ini hanya berlaku untuk Outlook versi web browser, bukan aplikasi yang diunduh di perangkat. Berikut adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk menarik email yang sudah terkirim via web browser:

  1. Pada halaman Outlook, klik ikon Setting lalu klik See all setting
  2. Pada tab Mail, cari Compose and Reply, lalu cari Undo Send. Kemudian ubah durasi menjadi 10 detik. Kemudian tekan Save
  3. Jika Anda ingin membatalkan pesan yang sudah terkirim, maka klik opsi Undo di layar yang muncul otomatis setelah Anda mengirim pesan dengan segera sebelum waktu 10 detik berakhir. Secara otomatis, pesan akan dibatalkan. 

Cara menarik dan mengganti pesan di Outlook

  1. Buka Outlook, pilih folder Item Terkirim / Send Item
  2. Buka pesan yang ingin Anda tarik dengan cara mengeklik dua kali sampai muncul di panel. Pilih Tab Pesan -> Perintah Lainnya -> Tindakan / Actions -> Panggil Kembali Pesan Ini / Recall This Message

Fitur Undo Send ini mungkin memang bisa mempermudah pengguna, tapi ada baiknya Anda selalu melakukan cek ulang agar tidak terjadi kesalahan saat mengirim email. Karena setelah waktu jeda Undo Send berakhir, Anda sudah tidak bisa membatalkan pesan yang sudah terkirim.


Another Post