Cara Membedakan Software Asli dan Bajakan

Kartika Rachmania, Jumat, 11 Juni 2021

Bagi sebagian pengguna, menggunakan software bajakan bisa dikatakan sebagai langkah mudah untuk menghemat. Hal ini memang menggiurkan karena kisaran harga software asli biasanya ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Namun, tahukah Anda bahwa ada risiko yang mengancam ketika menggunakan software tidak asli di antaranya adalah pencurian data pribadi. 

Alasan Menggunakan Software Original

Inilah alasan mengapa Anda harus menggunakan software original:

  • Keterbatasan fitur

Software bajakan biasanya memiliki keterbatasan fitur karena produk tidak mendapatkan update terbaru dari penyedia perangkat lunak tersebut. 

  • Perangkat Menjadi Rentan

Akibat menggunakan software bajakan adalah perangkat Anda menjadi rentan terhadap malware sehingga berpotensi ada pencurian data atau informasi pribadi, kinerja perangkat lambat, serta lenyapnya data di komputer.

  • Sanksi

Menggunakan software tidak asli rentan terkena sanksi hukum mengenai hak cipta. 

Cara Membedakan Software Asli dan Bajakan

Menggunakan software bajakan rasanya tidak akan memuaskan seperti yang asli. Berikut adalah cara untuk membedakan software bajakan dan asli.

  • Beli dari distributor resmi

Baik pembelian online dan offline, pastikan Anda beli di tempat terpercaya dan produk memiliki stiker resmi dari distributor di Indonesia. Contoh untuk Microsoft adalah PT Astrindo Starvision, PT Avnet Datamation Solutions, dan PT Synnex Metrodata Indonesia.

  • Periksa hologram

Pada software asli ada label hologram Microsoft Genuine Label yang bisa berubah warna jika dilihat dalam posisi miring. Jika hologram tersebut berbentuk stiker tempelan, maka bisa dipastikan itu adalah software bajakan.

  • Identifikasi keaslian software melalui web www.microsoft.com/howtotell

Cek keaslian produk yang Anda beli di website www.microsoft.com/howtotell

  • Beli di website Microsoft

Jika Anda ragu, belilah software langsung di website microsoft.

Gunakan software resmi agar terhindar dari ancaman yang bisa mengganggu kerja. Pastikan keaslian produk sebelum membeli.

Jika Anda ingin memasang software untuk kantor, Anda bisa menggunakan jasa Asani. Selain menawarkan jasa sewa laptop kantor, Asani juga melayani jasa Service Komputer serta Asset Recycling.


Another Post