5 Cara Membersihkan Laptop dengan Tepat

Kartika Rachmania, Selasa, 23 Maret 2021

Membersihkan laptop adalah kegiatan yang harus dilakukan secara rutin karena hampir peralatan elektronik sangat rentan terhadap kerusakan. Membersihkan bagian laptop seperti kipas dan ventilasi perlu dilakukan menjaga agar panas yang dihasilkan dari laptop keluar dengan lancar dan tidak mengendap di bagian dalam laptop hingga menyebabkan masalah.

Cara Membersihkan Laptop

Semua barang, bisa awet jika Anda melakukan perawatan. Begitu juga barang elektornik termasuk laptop. Berikut adalah cara membersihkan laptop dengan benar.

1. Pastikan Laptop dalam Keadaan Mati

Sebelum membersikan laptop, pastikan Anda mematikan laptop agar tidak terjadi kerusakan di bagian internalnya. Selain itu, laptop juga jangan dalam keadaan mengisi daya karena dapat membahayakan diri jika Anda membersihkan laptop menggunakan cairan. Kalau perlu, lepas beterai jika memungkinkan

2. Siapkan kain microfiber yang lembut dan tak berserat

Kain microfiber bisa digunakan untuk membersihkan layar dan lensa. Jika tidak punya, pakailah kain lap yang terbuat dari t-shirt atau kain lainnya agar tak menimbulkan goresan.

3. Membuat larutan pembersih

Anda tidak perlu membeli cairan pembersih baru atau gunakan air cuka yang dicampur dengan air biasa. Untuk membersihkan LCD, jangan gunakan alcohol, ammonia, atau pelarut yang kuat. Jika menggunakan pembersih cuci piring, gunakan perbandingan 1:5 untuk sabun dan air.

4. Jangan menyemprotkan pembersih langsung ke laptop

Jika Anda menggunakan cairan pembersih, jangan pernah menyemprot cairan langsung ke arah layar. Semprotkan cairan ke lap, kemudian usapkan ke laptop.

5. Siapkan obeng dan kuas untuk membersihkan bagian dalam laptop

Untuk membersihkan bagian dalam laptop, Anda perlu membuka laptop dnegan obeng kembang atau obeng khusus untuk membuka baut bagian bawah laptop. Gunakan kuas berbulu halus untuk membersihkan kipas laptop. Jangan gunakan cairan apa pun, usahakan semua benda untuk membersihkan dalam keadaan kering.

Untuk membersihkan keyboard laptop, Anda bisa membalik laptop dan menggoyangkan perlakan untuk menjatuhkan remah-remah yang tersangkut. Jika masih ada debu membandel, Anda bisa menggunakan kaleng bertekanan udara untuk meniup debu yang nyangkut bada bagian bawah keyboard.

Sebelum membersihkan bagian dalam laptop, Anda perlu berhati-hati karena ada beberapa laptop yang tempelan garansinya ada di bagian lubang sekrup. Kalau segel itu rusak, maka garansi laptop juga akan hangus. Pelajari dulu masa garansi laptop Anda.

Membersihkan laptop tidak menyita banyak waktu dan cara di atas bisa dilakukan sendiri tanpa repot. Jaga laptop agar tetap bersih supaya tetap awet dan bekerja dengan baik.

Another Post