250

Flashdisk adalah salah satu media penyimpanan yang relatif kecil dan mudah dibawa ke mana-mana. Media penyimpanan ini juga masih banyak digunakan orang untuk menyimpan maupun transfer file karena praktis. Awalnya, flashdisk memang memiliki kapasitas kecil, tapi seiring berkembangnya teknologi, kapasitas flashdisk sudah semakin besar. Harga yang ditawarkan juga lebih terjangkau dibandingkan harga ketika awal muncul.

Meskipun praktis dan mudah dibawa ke mana pun, flashdisk juga masih rawan mengalami masalah. Masalah yang sering dijumpai di antaranya adalah flashdisk terserang virus dan membuat file disembunyikan virus, flashdisk tidak bisa di-format, flashdisk corrupt, dan lainnya.

Masalah flashdisk yang corrupt ada beberapa penyebab, di antaranya adalah proses eject yang tak sempurna, sering meletakkan flashdisk di dekat benda yang memiliki gelombang magnet, atau terserang virus. Berikut adalah ciri-ciri flashdisk yang corrupt?

  • Ada file atau folder aneh ketika Anda membuka flashdisk
  • File atau folder aneh tersebut tidak bisa dibuka
  • Ukuran file atau folder aneh itu lebih besar daripada kapasitas yang tersedia.

Lalu, bagaimana cara memperbaiki flashdisk corrupt? Berikut adalah cara memperbaiki flashdisk corrupt di flashdisk berdasarkan penyebabnya:

Cara Memperbaiki Flashdisk Corrupt

1. Menggunakan Windows

File corrupt bisa saja diakibatkan oleh virus. Cara memperbaiki flashdisk corrupt yang bisa dicoba sebagai berikut:

  1. Klik kanan pada drive Flashdisk, pilih Properties
  2. Pilih Tab Tools, lalu klik Check Now dan centang semua pilihan
  3. Klik Start dan tunggu hingga proses selesai

Baca juga: Apa Efek Mencabut Flashdisk tanpa Proses Eject?

2. Menggunakan Software EaseUS Partition Maker

Ketika Anda menyalin file pada flashdisk dan tiba-tiba file tidak bisa terbuka, ada kemungkinan file tersebut corrupt. Jika kapasitas flashdisk telah terpakai sampai jumlah tertentu dan Anda masih bisa menyalin file tapi tidak bisa terbuka padahal ketika membeli tertera kapasitas flashdisk jauh di atas angka tersebut, mungkin flashdisk Anda palsu. Cara memperbaiki flashdisk corrupt akibat flashdisk palsu adalah mengurangi kapasitas flashdisk ke ukuran yang sebenarnya. Anda bisa membuat partisi menggunakan software seperti EaseUS Partition Maker. Anda bisa menggunakan versi trial, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Setelah memasang software EaseUS Partition Maker, hubungkan flashdisk ke komputer atau laptop
  2. Buka software, pilih Partition Manager
  3. Klik kanan pada drive flashdisk, pilih Resize/Move
  4. Geser bar sampai ke ukuran flashdisk yang sebenarnya, OK
  5. Klik Ok, klik Apply, lalu tunggu hingga proses selesai. Jika kapasitas yang tertera sudah sesuai, berarti perbaikan yang Anda lakukan sudah berhasil

3. Menggunakan Software Hard Disk Drive Low Level Format Tool

Cara memperbaiki flashdisk corrupt ini dilakukan dengan software Hard Disk Drive Low Level Format Tool. Berikut adalah langkah yang bisa Anda lakukan:

  1. Unduh software Hard Disk Drive Low Level Format Tool
  2. Setelah memasang software, hubungkan flashdisk ke komputer atau laptop, klik Continue
  3. Ikuti petunjuk yang muncul, jika kerusakan cukup parah, hilangkan centang pada opsi 2
  4. Tunggu proses selesai. Jika sudah selesai, cabut flashdisk, lalu hubungkan kembali ke laptop
  5. Lakukan format pada flashdisk, tunggu selesai

Itulah cara memperbaiki flashdisk corrupt. Untuk menghindari file yang corrupt, jangan asal mencabut flashdisk dan seringlah melakukan backup.

Jika Anda membutuhkan perangkat untuk kebutuhan kantor atau pekerjaan Anda, Anda dapat menghubungi Asani.

Asani menyediakan sewa laptop atau komputer untuk kebutuhan karyawan di perusahaan. Lihat katalog Asani lengkap untuk kebutuhan design graphic, editing video, develop website atau aplikasi, serta administrasi, dan bisnis.

Pastikan Anda memilih jasa sewa laptop yang memiliki harga sewa terjangkau, aman, dan terpercaya.

Asani merupakan partner yang tepat untuk Anda jika membutuhkan penyewaan laptop dan perangkat IT untuk perusahaan. Jika Anda tertarik, ajukan penawaran sekarang juga ke Asani.

Baca juga: Cara Menghapus Folder yang Tidak Bisa Dihapus

Post comment

Product Enquiry