Cara Memperbaiki Hard Disk yang Rusak

Kartika Rachmania, Rabu, 17 Februari 2021

Hard disk adalah media penyimpanan utama pada laptop dan desktop PC. Fungsi hard disk sangat penting bagi laptop atau PC karena bisa menyimpan data / file, memprogram sistem operasi, dan lainnya. Hard disk yang tidak berjalan dengan baik akan mengganggu kinerja laptop atau PC. Hard disk sangat beresiko rusak karena tidak tahan guncangan dan rapuh. Biasanya, kerusakan hard disk diakibatkan karena kesalahan pemakaian atau karena umur hard disk yang sudah lama.

Penyebab Hard disk Rusak

Kerusakan hard disk yang sering terjadi:

1. Overheat

Panas pada perangkat bisa menyebabkan penurunan atau bahkan merusak kinerja perangkat. Untuk mengurangi overheat, baiknya Anda menambakan kipas pendingin atau cooling pad untuk laptop.

2. Pemakaian Berlebih

Laptop atau komputer yang digunakan dalam waktu lama akan membuat komponen di dalamnya cepat rusak. Anda perlu memberikan waktu istirahat pada perangkat yang digunakan.

3. Terjatuh atau Terbentur

Hard disk ini sangat rapuh dan sensitif terhadap guncangan. Saat Anda membawa laptop, gunakan tas laptop khusus untuk bepergian agar terhindar dari benturan keras.

4. Instalasi software Berlebihan

Saat Anda menginstal banyak software, maka kerja hard disk akan menjadi semakin berat. Hal ini membuat hard disk mengeluarkan panas berlebih dan bisa membuatnya cepat rusak.

5. Kerusakan karena usia hard disk

Seperti alat elektronik lain, hard disk juga memiliki masa pakai. Ketika laptop atau komputer yang sudah lama Anda gunakan mulai sering mengalami hang atau kinerjanya melemah, ada kemungkinan hard disk Anda mulai rusak.

6. Sering Mematikan Paksa Laptop dan Laptop Mati mendadak

Ketika laptop Anda hang dan tidak bisa merespon perintah, banyak pengguna yang langsung mematikan laptop secara paksa dengan menekan tombol Power. Hal itu sangat tidak baik untuk semua komponen laptop, termasuk hard disk karena mematikan perangkat tiba-tiba akan membuat komponen yang sedang bekerja mati seketika dan bisa membuat cepat rusak.

7.  Aliran listrik tidak stabil

Ketidakstabilan pada aliran listrik ke laptop juga membuat laptop cepat rusak karena memengaruhi putaran cakram hard disk. Pada aliran listrik yang tak stabil, kinerja putaran hard disk menjadi tidak stabil hingga menyebabkan bad sector pada komponen tersebut.

Tanda-tanda Kerusakan Harddisk

Hard disk tidak akan rusak secara tiba-tiba, biasanya ada gejala yang sudah bisa Anda rasakan tapi mungkin tidak sadar kalau itu adalah tanda kerusakan hard disk. Berikut adalah tanda umum dan mengetahui bahwa laptop Anda bermasalah.

1.  Loading lama

2.  Hard disk mengeluarkan suara

3.  Susah di-format

4.  Hard disk mengeluarkan kode aneh

5.  Hard disk tidak terbaca

6.  Indikator hard disk menyala, tapi tidak berkedip

7.  File Tiba-tiba Hilang

8.  Tidak bisa copy dan reading file hard disk

9.  Hard disk cepat panas dalam pemakaian normal

10.  Muncul Blue Screen

11.  Laptop restart sendiri

Cara Memperbaiki Hard Disk yang Rusak

Setelah mengetahui penyebab dan tanda-tanda hard disk yang rusak, berikut adalah cara memperbaiki hard disk yang rusak. Tiap kerusakan hard disk, memiliki cara yang berbeda untuk memperbaikinya. Berikut adalah cara memperbaiki hard disk dengan mudah sesuai dengan tipe kerusakannya:

1.  Bad Sector

Bad Sector terjadi karena kerusakan software atau fisik. Laptop yang sering mati mendadak atau alirannya listriknya tidak stabil, biasanya akan mengalami ini. Kerusakan software bisa terjadi karena kesalahan pemakaian atau terserang virus, bisa diatasi menggunakan software yang bisa memperbaiki hard disk. Namun, jika kerusakan terjadi pada fisik, maka Anda harus siap mengganti hard disk dengan yang baru.

2.  Hard disk Tidak Terbaca

Jika hard disk tidak terbaca, ada kemungkinan salah pemasangan atau cache hard disk yang eror. Anda bisa mengecek konektor kabel SATA atau ATA/IDE apakah pemasangannya sudah benar. Jika hard disk dalam keadaan baik tapi tidak terbaca, mungkin ada masalah pada pemasangan atau kabel. Untuk mengatasi cache hard disk yang eror, Anda bisa melakukan disk defragment untuk memastikan bahwa hard disk bisa bekerja dengan baik.

Cara Merawat Hard disk

Karena hard disk adalah salah satu komponen penting dalam komputer / laptop, sebaiknya Anda perlu merawat dengan baik. Berikut adalah cara merawat hard disk:

1.  Rutin melakukan defrag sebulan sekali

2.  Matikan laptop dengan cara Shutdown

3.  Jangan menginstal aplikasi terlalu banyak

4. Hati-hati jika membawa hard disk, hindari dari benturan keras dan air

5.  Jika listrik di daerah Anda sering mengalami masalah, pertimbangkan membeli UPS (Untiteruptable Power Supply)

Jika laptop di perusahaan Anda rusak, ASANI menawarkan jasa perbaikan laptop dan Asset Recycling. Untuk Asset Recyling, perusahaan dapat menjual aset ke Asani dan hasil penjualan bisa dipilih: saldo credit sewa atau transfer. Untuk info lengkap, Anda bisa menghubungi ASANI.


Another Post