Cara Mencegah Ransomware

Kartika Rachmania, Selasa, 13 Juli 2021

Salah satu ancaman keamanan di internet adalah serangan ransomware. Ransomware adalah malware yang menginfeksi dan menyerang pengguna komputer. Serangan ransomware biasanya meminta uang tebusan agar data kembali seperti semula. Hacker yang menyebarkan ransomware biasanya tak hanya menyerang perorangan, tetapi juga perusahaan besar dari berbagai industri. Maka dari itu, diperlukan cara mencegah ransomware agar semua data aman dan hacker tak bisa mengambil keuntungan.

Cara Mencegah Ransomware

Untuk mencegah serangan ransomware, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan. Berikut adalah cara mencegah serangan ransomware pada laptop Anda:

Update sistem operasi dan aplikasi

Perbarui sistem operasi dan aplikasi yang terpasang di laptop atau komputer agar tidak rentan diserang virus. Biasanya, hacker menyerang aplikasi populer maka dari itu rajin-rajinlah update aplikasi sebagai upaya pencegahan 

Memasang antivirus atau sistem keamanan 

Perangkat tanpa pelindung sangat rentan terhadap serangan ransomware. Pada Windows memang sudah terdapat default antivirus yaitu Windows Defender. Namun, jika Anda ingin menambah proteksi maka disarankan untuk memasang antivirus berbayar yang selalu diperbarui berkala.

Jika ransomware menyerang website, pencegahannya adalah dengan memasang SSL serta plugin tambahan keamanan agar bisa memblokir segala ancaman ke website yang dimiliki. 

Backup data

Hal yang hacker lakukan setelah mengakses data di perangkat adalah meminta tebusan agar data yang Anda miliki bisa kembali. Untuk berjaga-jaga, selalu back-up data agar jika terjadi sesuatu maka ada mempunyai cadangan data. Back-up data bisa dilakukan ke perangkat eksternal maupun layanan cloud.

Jangan download sembarangan

Berhati-hatilah dengan apa pun yang ada di internet. Ketika Anda ingin mengunduh file, dokumen, atau bahkan software maka pastikan sumbernya terpercaya. Jika sudah telanjur download file, maka lakukan scan file dengan antivirus agar bisa terdeteksi apakah file tersebut bermasalah atau tidak.

Filter e-mail yang masuk dan jangan klik sembarangan

Biasanya, Anda mendapatkan e-mail masuk dari pengirim yang tidak jelas dan meminta untuk mengeklik ini-itu. Jangan lakukan. Itu adalah e-mail yang berpotensi mengandung virus dan bisa menginfeksi perangkat yang Anda gunakan. 

Itulah beberapa cara mencegah serangan ransomware yang bisa Anda lakukan untuk perlindungan perangkat maupun website yang dimiliki. Selalu jaga keamanan perangkat agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Jika laptop di perusahaan Anda mengalami masalah, Anda bisa menggunakan jasa service komputer perusahaan Asani. Selain pengecekan komputer bermasalah, Asani juga akan memperbaiki dan memberikan solusi dengan cepat. Untuk informasi lengkap, segera hubungi CS Asani.


Another Post