Cara Mendinginkan Laptop

Kartika Rachmania, Senin, 10 Mei 2021

Masalah umum pada laptop biasanya adalah cepat panas. Selain karena fungsi kipas yang tak berfungsi sebagaimana mestinya, masalah panas ini wajar terjadi karena sistem pendingin laptop lebih kecil daripada desktop. Namun, ada cara yang bisa membuat laptop tetap dingin. Berikut adalah tips cara mendinginkan laptop yang mudah dan bisa dilakukan sendiri:

  • Pastikan lubang ventilasi tidak tertutup

Pastikan ventilasi tidak terhalang sesuatu ataupun tertutup. Jangan lupa, bersihkan ventilasi dan bagian dalam laptop dari debu agar udara masuk dan keluar mengalir optimal. Jika tidak bisa membersihkan sendiri, bawalah laptop ke service center terdekat.

  • Periksa CPU usage

Jika banyak program berjalan di laptop, suhu CPU akan cepat meningkat. Usahakan hapus atau hentikan program yang tidak perlu. 

  • Periksa spesifikasi program sebelum install

Jangan paksa laptop menjalankan program yang membutuhkan spesifikasi lebih tinggi daripada spesifikasi laptop. Akibatnya, laptop bekerja ekstra dan membuatnya cepat panas. Gunakanlah perangkat lunak yang sesuai dengan spesifikasi laptop. 

  • Gunakan cooling pad

Bagian bawah laptop adalah bagian yang cepat panas karena komponen utama ada di sana. Untuk mempercepat proses pendinginan, Anda bisa menambahkan cooling pad atau kipas eksternal. 

  • Atur suhu ruangan

Jika ruangan Anda menggunakan AC, atur suhu ke temperatur yang lebih dingin. Hal itu bisa membantu mendinginkan laptop. 

Itulah cara yang bisa Anda gunakan untuk mendinginkan laptop yang cepat panas. 


Another Post