5 Cara Mengamankan Akun Google dari Hacker

Kartika Rachmania, Jumat, 16 September 2022

Selain untuk mengirim dan menerima email, akun Google juga digunakan untuk mengakses produk lain dari Google dan menjelajah internet. Saat melakukan pendaftaran akun Google, ada beberapa data pribadi yang tersimpan di sana. Oleh sebab itu, akun Google menjadi hal yang perlu dilindungi dan dijaga keamanannya karena banyak mengandung informasi pribadi. Anda tidak mau kan kalau akun Anda dibajak oleh tidak dikenal?


5 Cara Mengamankan Akun Google dari Hacker 

Untuk melindungi akun Google dari serangan hacker, ada fitur keamanan oleh Google yang bisa dimanfaatkan. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengamankan akun Google yang bisa dilakukan:


Membuat password yang rumit 

Gunakan kombinasi angka, huruf, dan simbol yang tidak ada kaitannya dengan identitas Anda. Hal ini akan menyulitkan hacker yang ingin mencoba mengakses akun.


Mengatur verifikasi 2 langkah (2FA Verification) 

Memasang verifikasi 2 langkah mampu mencegah orang asing yang ingin masuk ke akun dengan mudah karena diperlukan kode sebelum masuk ke dalam akun. Anda akan menerima notifikasi melalui HP atau email untuk mengenali siapa yang mencoba masuk dan menggunakan akun.


Menambahkan email pemulihan (recovery email) 

Tujuan menambahkan email pemulihan adalah agar ketika Anda lupa dengan password akun, maka Google akan mengirimkan kode untuk membuat password baru melalui email akun pemulihan. 


Memastikan URL atau link dalam e-mail berasal dari situs resmi

Jangan klik link sembarangan dari e-mail yang diterima karena bisa saja email tersebut mengandung malware atau antivirus yang bisa mencuri data pribadi Anda. 


Mengecek Google Safety Center 

Jika Anda ingin mengetahui cara-cara lain, untuk mendapat rekomendasi bagaimana meningkatkan keamanan Google


Cara di atas harus dilakukan agar akun Google tidak bisa di-hack oleh orang tak bertanggungjawab. Tidak ada salahnya mengaktifkan fitur yang sudah disediakan oleh Google agar akun menjadi lebih aman. 


Perhatikan lagi jika Anda menerima file dari email tidak dikenal, harap berhati-hati untuk menghindari phising. Pastikan juga Anda memasang anti virus di laptop agar perangkat tetap aman.


Jika kantor Anda membutuhkan perangkat IT seperti laptop atau tablet, Asani bisa membantu kantor Anda dengan menyediakan perangkat IT bagi semua karyawan perusahaan Anda. 


Asani adalah jasa berbasis langganan karena dengan sewa laptop di Asani, Anda bisa mendapatkan keuntungan lain seperti asuransi dan konsultasi dengan IT Expert. Dengan menyewa, perusahaan Anda berkontribusi dalam membantu mengurangi limbah elektronik yang ada di dunia. Hubungi Asani untuk mendapatkan penawaran sewa laptop terbaik untuk kantor Anda.

Another Post