Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding pada Laptop

Kartika Rachmania, Jumat, 12 Maret 2021

Pasti Anda pernah mengalami ketika lagi asik bekerja tiba-tiba saja aplikasi mendadak not responding, biasanya pasti akan kesal, kan? Nah, apa sih penyebab dari aplikasi not responding ini? Yuk, cari tahu lewat penjelasan di bawah ini

Penyebab Aplikasi Not Responding pada Laptop

Aplikasi menjadi not responding ini bisa disebabkan masalah hardware atau software, berikut adalah masalah umum yang sering terjadi pada laptop:

1. Banyak Aplikasi yang Dibuka

Membuka banyak aplikasi dalam satu waktu yang bersamaan akan membuat RAM menjadi penuh sehingga kerja laptop menjadi lemot. Akibatnya, aplikasi yang Anda gunakan menjadi not responding.

Untuk mengatasi masalah ini adalah jangan terlalu banyak membuka aplikasi di laptop. Jika tidak digunakan, maka lebih baik ditutup saja.

2. Aplikasi yang dibuka terlalu berat

Sebelum menginstal aplikasi, Anda harus memperhatikan spesifikasi laptop atau komputer yang Anda miliki apakah sesuai dengan kebutuhan aplikasi tersebut agar bisa berjalan. Misalnya, dibutuhkan minimal RAM 2GB untuk aplikasi menjalankan tugasnya, tapi perangkat yang Anda miliki hanya memiliki RAM 1GB. Akibatnya, aplikasi tidak bisa berjalan.

Solusi untuk masalah ini adalah uninstall aplikasi yang tak sesuai tersebut supaya tidak menimbulkan not responding.

3. Aplikasi bermasalah

Kerusakan dalam aplikasi juga bisa membuat aplikais tersebut tidak merespon perintah. Biasanya masalah diakibatkan oleh virus, crash, atau salah penggunaannya.

Untuk mengatasi aplikasi not responding ini adalah dengan menginstalasi ulang aplikasi.

4. Sistem komputer yang bermasalah

Sistem komputer yang bermasalah juga bisa menjadi akar dari aplikasi tidak merespon. Penyebab yang umum adalah terjangkit virus. Biasanya, jika virus sudah akut, laptop akan menjadi sangat lambat untuk membuka aplikasi atau windows explorer.

Solusi masalah ini adalah bersihkan laptop atau komputer Anda dari virus. Setelah itu reinstall sistem operasi komputer.

5. Hard Disk dan Memori Rusak

Jika hard disk dan RAM di laptop atau komputer sudah mulai rusak, laptop Anda akan menjadi lemot bahkan aplikasi menjadi not responding.

Solusi terbaik jika kerusakan dua komponen itu sudah parah adalah mengganti dengan komponen yang masih bagus.

6. Overheat

Panas berlebih pada komputer atau laptop bisa membuat laptop sering nge-hang. Jika dicoba membuka beberapa aplikasi pun pasti menjadi not responding. Masalah overheat ini bisa terjadi karena kerusakan pada kipas atau pembuangan tersumbat debu.

Solusi dari masalah ini adalah bersihkan komputer atau laptop Anda dari debu. Setelah itu Anda bisa menambahkan pasta pendingin pada heatsink laptop. Jika memungkinkan, gunakan kipas eksternal tambahan di bagian bawah laptop.

Begitulah penyebab aplikasi not responding di laptop atau komputer serta cara mudah mengatasinya. Jika laptop atau komputer di kantor Anda membutuhkan pembaharuan perangkat keras maupun perangkat lunak, Anda bisa menggunakan jasa service laptop dari ASANI. Semua masalah laptop atau komputer di kantor Anda akan segera ditangani oleh teknisi handal.

Another Post