Cara Mengatasi Excel Not Responding

Kartika Rachmania, Kamis, 12 Mei 2022

Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi pengolah data yang paling banyak digunakan oleh individu atau perusahaan untuk menghitung angka, membuat bagan, dan membuat grafik data. Sebagai aplikasi yang sangat diminati banyak pengguna, Excel tidak luput dari kesalahan atau masalah berulang. Sebagian pengguna Microsoft Excel pasti pernah mengalami masalah Excel yang not responding, stop responding, atau ngehang saat sedang bekerja menjalankan aplikasi. Simak artikel ini untuk mengatasi masalah yang terjadi saat menggunakan Excel.

Excel Not Responding

Saat menjalankan aplikasi Microsoft Excel, Anda mungkin pernah menerima pesan error yang membuat kesal dan bisa menghambat pekerjaan Anda. Contoh pesan yang bisa muncul di layar:

  • Microsoft Excel is not responding
  • Microsoft Excel has stopped working
  • A problem caused the program to stop working correctly. Windows will close the program and notify you if a solution is available.

Penyebab Microsoft Excel nge-hang atau mengalami masalah ‘not responding’ :

  • Microsoft Office bukan versi terbaru
  • Isi file Excel yang bermasalah atau ukurannya terlalu besar
  • Masalah dengan program, proses, atau add-ins yang dipasang di Excel
  • Antivirus bukan versi terbaru

Cara Mengatasi Excel Not Responding

Berikut adalah beberapa cara mengatasi excel yang sering not responding: 

Instal Microsoft Office Terbaru

Masalah pada Microsoft Excel bisa saja terjadi jika versi Microsoft Office dan Windows sudah jadul. Jadi, Anda bisa mengecek apakah laptop sudah terpasang aplikasi versi terbaru atau belum. Cara mengecek pembaruan Excel:

  • Buka aplikasi Excel, lalu pilih File -> Account
  • Di bawah Product Information, pilih Update Options -> Update Now

Cek Detail dan Isi File Excel

Terkadang, detail dan konten di Excel dapat menyebabkan Excel lemot atau tidak merespons saat ingin disimpan. Hal yang bisa membuat Excel mogok di antaranya adalah file terlalu besar dan rumus yang mereferensikan semua kolom. Anda bisa menghapus kolom yang bermasalah untuk mengatasinya. Jika masalah itu masih terulang, maka coba cara lain. 

Buka dan Simpan Excel dalam Safe Mode

Untuk mengatasi masalah Microsoft Excel tidak merespons, Anda dapat membuka Excel dalam Safe Mode. Ketika Anda menjalankan aplikasi dalam Safe Mode, semua pengaturan akan kembali ke mode awal sebelum Anda melakukan perubahan seperti add-in Excel. Setelah file terbuka, coba simpan file Excel dalam mode aman.

Cara membuka Excel dalam Safe Mode:

  • Buka Command Prompt lalu ketik excel.exe /safe

Pastikan Excel Tidak Digunakan oleh Proses Lain

Jika Anda mencoba melakukan tindakan lain saat Excel sedang digunakan, Anda mungkin mengalami masalah Excel yang tidak merespons. Oleh karena itu, akhiri task yang sedang berjalan sebelum memulai task lain. Jika Excel tidak digunakan oleh proses lain, tetapi masih tidak merespons, coba metode berikutnya.

Nonaktifkan Add-in

Add-in terkadang mengganggu jalannya proses di Excel. Anda dapat mencoba memperbaiki masalah Excel yang tidak merespons dengan menonaktifkan add-in.

Cara menonaktifkan Add-in:

  • Masuk ke Safe Mode dengan menekan dan menahan Ctrl saat Anda memulai program, atau dengan menggunakan tombol /safe (excel.exe /safe) di Command Prompt
  • Klik File -> Option -> Add-in
  • Pilih COM Add-in, dan klik Go. Hapus centang semua add-in dalam daftar, dan klik OK.
  • Restart Excel. Jika Excel berfungsi normal, aktifkan kembali add-in satu per satu hingga Excel tidak berfungsi lagi. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui add-in mana yang menyebabkan masalah.

Reinstall Microsoft Office

Jika tidak ada metode yang berfungsi, Anda mungkin harus menginstal ulang Microsoft Office. Anda dapat mengunduhnya di situs resmi Microsoft.


Itulah mengatasi Excel yang mengalami masalah not responding. Jika Anda memiliki file excel super rahasia dan ingin mengamankan dari pembaca lain, maka Anda bisa mengunci Excel dengan password. Cara ini lebih aman jika Anda benar-benar ingin mengamankan dokumen dari siapa pun. Jika Anda tidak memiliki password, maka Anda tidak bisa melakukan apa pun. 

Jika Anda membutuhkan laptop atau komputer untuk perusahaan karena laptop lama bermasalah, Asani menyediakan sewa laptop atau komputer dengan spesifikasi yang sesuai kebutuhan Anda. Asani juga memberikan instalasi software termasuk Microsoft Office bagi perusahaan yang sudah menyewa di Asani. Lihat katalog Asani lengkap untuk kebutuhan design graphic, editing video, develop website atau aplikasi, serta administrasi, dan bisnis. 

Hubungi Asani untuk mendapatkan penawaran sewa laptop terbaik untuk kantor Anda

Another Post