Cara Mengatasi Keyboard Laptop Mengetik Sendiri

Kartika Rachmania, Senin, 24 Mei 2021

Keyboard adalah salah satu komponen penting pada komputer atau laptop untuk input data atau perintah. Salah satu masalah yang sering terjadi pada keyboard adalah keyboard mengetik sendiri. Ketika hal itu terjadi, tentu saja membuat panik dan kesal, kan? Untuk orang yang tak paham dengan komputer pasti hal yang Anda lakukan pertama kali adalah membawa ke tempat servis komputer untuk diperbaiki. Namun, sebelum dibawa ke tempat servis, ada solusi mudah yang bisa Anda lakukan ketika keyboard mengetik sendiri.

Tanda permasalahan keyboard:

  • Tombol backspace terus menekan sendiri
  • Huruf keyboard mengetik sendiri tanpa ditekan
  • Tombol / menekan sendiri

Cara mengatasi Keyboard Mengetik Sendiri

Berikut adalah cara mengatasi keyboard yang mengetik sendiri:

  • Troubleshoot Keyboard

Fitur troubleshoot digunakan untuk mendeteksi masalah yang terjadi pada komputer dan mencari solusinya. Jika masalah terjadi karena software, troubleshoot masih bisa mengatasinya. Namun, jika kerusakan terjadi pada hardware, maka fitur itu tak berguna. 

  • Update Driver Keyboard

Jika setelah menggunakan troubleshoot dan masalah terjadi karena software, cara yang direkomendasikan adalah memperbarui driver keyboard.

  • Bersihkan bagian bawah keyboard

Jika tidak pernah dibersihkan, kemungkinannya adalah kotoran menumpuk di bawah tombol keyboard. Debu tersebut akan memenuhi bagian bawah keyboard sehingga keyboard seakan ditekan. Jika Anda tidak bisa membersihkan keyboard sendiri, sebaiknya bawa ke tempat servis saja.

  • Matikan Sticky Keys

Sticky Keys berfungsi untuk mengubah fungsi sebuah tombol.

  • Gunakan keyboard eksternal

Cara ini adalah cara terakhir yang bisa Anda lakukan. Sebelum menggunakan keyboard eksternal, nonaktifkan dulu keyboard internal.

Itulah langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi keyboard laptop yang mengetik sendiri. Jika cara di atas belum bisa mengatasi masalah keyboard Anda, kunjungi tempat servis komputer jika garansi Anda masih berlaku. 

Jika kantor Anda mengalami masalah serupa dan ingin mengganti hardware atau software pada komputer, Anda bisa menggunakan jasa service komputer kantor Asani.


Another Post