Cara Mengatasi Laptop Kena Air atau Hujan

Kartika Rachmania, Kamis, 13 Oktober 2022

Laptop, sebagaimana perangkat elektronik lainnya memiliki resiko kerusakan yang tinggi jika tidak dijaga baik-baik. Sayangnya, walaupun sudah dijaga dengan baik tetap tidak menghilangkan kemungkinan terjadi kecelakaan. Salah satu kecelakaan yang mungkin terjadi adalah laptop kena air.  

Jika Anda baru saja menumpahkan cairan di laptop atau tidak sengaja kena hujan, matikan laptop sesegera mungkin karena Anda berkejaran dengan waktu. Jika sedang terkoneksi dengan listrik, maka segeralah cabut. Jika Anda memiliki baterai yang dapat dilepas, segera lepaskan. 

Cara Mengatasi Laptop Kena Air atau Hujan

Mengetahui jenis cairan yang tumpah ke laptop adalah hal yang penting. Air adalah yang paling sedikit asam, sedangkan cairan manis dan alkohol lebih konduktif dan korosif. Cairan manis dan alkohol dapat dengan cepat menyebabkan kerusakan permanen pada komponen internal laptop.

Dalam keadaan darurat, waktu adalah hal yang terpenting. Entah laptop tidak sengaja ketumpahan air atau kehujanan, segeralah matikan dan cari tempat kering. Tujuannya adalah untuk mengurangi efek secepat mungkin.

Berikut adalah beberapa cara awal untuk menangani laptop yang kena air:

1.Mematikan dan membongkar laptop

Matikan laptop dan lepaskan semua komponen yang mudah dilepas. Cabut mouse, baterai, dan semua kabel yang terkoneksi termasuk flash drive dan DVD. Jika cairan yang tumpah terlalu banyak, Anda mungkin harus membuka dan membongkar laptop untuk mengecek semua bagian yang basah. Pastikan untuk melakukan dengan hati-hati.  

2.Mengeringkan bagian luar dan dalam mesin laptop

Buka laptop, pegang secara terbalik agar cairan yang terkumpul mengalir keluar, kemudian gunakan kain penyerap untuk menyeka permukaan yang basah hingga kering. 

Anda juga bisa mencoba membalikkan laptop ke bawah dalam bentuk V terbalik lalu membiarkan seperti itu minimal 24 jam atau sampai Anda yakin bahwa semua cairan telah keluar atau mengering. Tetap pastikan laptop dalam keadaan mati, jangan pernah mencoba menyalakannya karena dapat menyebabkan kerusakan.

Setelah mengeringkan bagian luar, selanjutnya keringkan bagian dalam dengan meletakkan laptop di tempat yang kering. Perhatikan juga jangan mencoba mengeringkan laptop dengan pengering rambut karena dapat menyebabkan masalah yang lebih kompleks. 

Biarkan semuanya mengering di udara selama dua hingga tiga hari di tempat yang hangat dan kering. 

3.Menyalakan laptop kembali

Setelah memberi waktu komponen untuk mengering, Anda dapat menyatukan kembali semua komponen laptop lalu lihatlah apakah masih berfungsi. Cobalah untuk menyalakan laptop. Jika menyala, maka Anda beruntung. Segera cek fitur-fitur yang ada di laptop apakah masih berfungsi atau tidak. Jika laptop menunjukkan tanda-tanda aneh, Anda bisa mencatatnya terlebih dahulu. Pada beberapa kasus, laptop bisa saja menyala tapi ada kerusakan di layar atau keyboard. Jika kerusakan ini bukan hal yang bisa Anda atasi, bawa segera laptop ke tempat perbaikan. 

4.Periksakan laptop kepada orang yang ahli

Periksakanlah laptop kepada orang yang lebih ahli. Biarlah profesional memeriksa keadaan laptop Anda yang sudah menyala atau masih mati karena terkena air. Teknisi laptop memiliki alat dan perangkat lunak yang diperlukan untuk mengakses kerusakan internal akibat basah. Minta teknisi untuk membersihkan laptop dari dalam untuk memastikan tidak ada sisa kelembaban di bagian tersebut.

Jika laptop Anda masih memiliki garansi, bawalah laptop ke gerai reparasi official. 


Jika laptop Anda tidak dapat dibongkar, bawalah segera ke tempat service. Kecelakaan bisa terjadi kapan saja walaupun Anda sudah menjaga perangkat dengan baik. Untuk melindungi laptop dari kemungkinan tumpahan cairan di masa mendatang, Anda bisa membeli penutup keyboard atau asuransi untuk perangkat. 


Jika perusahaan membutuhkan perangkat IT untuk mengganti perangkat yang sudah rusak, Asani menyediakan laptop, komputer, tablet dan perangkat IT lain dari berbagai merek dan spesifikasi terbaik. Anda juga bisa mendapatkan keuntungan lain seperti asuransi yang bisa meng-cover biaya kerusakan atau kehilangan perangkat. Konsultasikan kebutuhan Anda dengan Asani.

Another Post