Cara Mengatasi Laptop Lama Restart

Kartika Rachmania, Sabtu, 3 April 2021

Apakah Anda pernah restart laptop tapi waktu tunggu terasa lama? Biasanya, restart dilakukan untuk memulihkan setting yang mengalami error atau masalah pada sistem dapat kembali bekerja seperti semula. Namun, bagaimana jika proses restart ternyata stuck terus pada bagian booting? Misalnya, diperlukan waktu beberapa menit hingga berjam-jam hanya untuk menunggu laptop kembali menyala. Tentu saja hal itu sangat membuang-buang waktu dan menjengkelkan. Maka dari itu, ikuti langkah berikut ini untuk mengetahu penyebab laptop lama pada saat restart dan solusinya.

1.  Mengurangi Startup Apps

Startup Apps adalah aplikasi yang otomatis berjalan pada saat booting. Semakin banyak aplikasi, proses booting biasanya akan semakin lama. Untuk mematikan Startup Apps bisa melalui Task manager dan Pengaturan.

2. Matikan Fast Startup

Anda bisa mengatur Power Option pada baterai dengan cara klik kanan pada ikon baterai laptop. Hilangkan centang “Turn on fast Startup”. Lihat perubahan yang terjadi, jika proses restart normal, berarti Anda berhasil.

3.  Cek RAM dan Hard disk

Penyebab restart laptop menjadi lama adalah karena banyak memori (RAM atau hard disk) yang digunakan. Untuk mengecek jumlah memori yang digunakan, buka “Task Manager” lalu lihat berapa banyak aplikasi yang sedang berjalan pada laptop. Jika memori pada RAM terlalu penuh, kinerja laptop pun akan melambat. Anda bisa mengeklik “End Process” pada aplikasi yang banyak memakan memori dan tak digunakan. Jika memori RAM terlalu kecil, Anda bisa mempertimbangkan untuk menambah kapasitas RAM.

Untuk mengecek bagian hard disk, cek berapa aplikasi yang tak terpakai dan sampah yang menumpuk. Hal itu bisa membuat laptop menjadi sangat laptop. Bersihkan file atau berkas sampah dan uninstall aplikasi yang tak digunakan.

4.  Cek Virus

Penyebab laptop menjadi lemot salah satunya adalah terkena virus. Jika laptop sudah terpasang antivirus, cobalah scan laptop secara keseluruhan lalu hapus virus yang menjangkit laptop. Setelah itu, restart laptop dan lihat apakah hasilnya berubah atau tidak. Jangan lupa gunakan antivirus untuk menghindari serangan virus. Selain antivirus, Anda juga harus berhati-hati saat mengunduh berkas dari internet. Jangan asal mengunduh berkas sembarangan.

5. Kerusakan pada hard disk

Jika cara di atas belum berhasil, mungkin ada masalah pada hard disk Anda. Hard disk yang rusak solusinya adalah mengganti dengan yang baru.

Itulah beberapa cara mengatasi laptop restart lama. Cara tersebut bisa dicoba sendiri dan dijamin berhasil.

Untuk kebutuhan laptop perusahaan, percayakan pada Asani. Sewa laptop kantor, jasa service laptop perusahaan, dan Asset Recycling semua bisa di Asani. 

Another Post