Cara Mengatasi Suara Speaker Laptop Pecah

Kartika Rachmania, Jumat, 23 April 2021

Speaker internal laptop adalah komponen penting pada tiap laptop untuk menunjang pekerjaan atau menikmati hiburan. Setiap produsen laptop sudah pasti membekali produknya dengan speaker. Namun, seringkali speaker laptop mengalami masalah seperti suaranya kemresek atau pecah. Sebelum mengetahui cara mengatasi suara speaker laptop pecah, lebih baik cari tahu penyebab speaker laptop pecah ya.

Penyebab Speaker Laptop Pecah

Agar bisa memberikan solusi yang tepat dan mengantisipasi masalah yang muncul, ketahu dulu penyebab speaker laptop pecah.

1.  Volume suara terlalu tinggi

Ketika sering mengatur volume suara tertalu tinggi dalam jangka waktu lama, membran halus pada speaker bisa terputus hingga akhirnya mengeluarkan suara yang sember. Jadi, supaya speaker awet usahakan saat mendengarkan music atau menonton film, atur volume suara speaker dalam keadaan sedang saja, jangan terlalu tinggi atau keras, ya.

2.  Debu pada speaker

Jika speaker tersumbat debu, kinerja menjadi tak optimal karena debu menahan getaran membran pada speaker sehingga suara yang dihasilkan pecah dan tidak jernih. Jadi, bersihkan laptop secara berkala dari debu agar tidak terjadi kerusakan.

3. Terkena benturan

Ketika laptop terbetur, biasanya ada beberapa komponen yang mengalami masalah salah satunya adalah speaker. Jadi, hati-hati ketika membawa laptop agar tidak terbentur dan mengakibatkan kerusakan.

Cara Memperbaiki Speaker Laptop Pecah

Laptop yang suaranya sudah sember atau pecah memang menjengkelkan. Masalah ini bisa akali dengan menggunakan headset atau speaker eksternal. Namun, ada juga cara mudah yang bisa dicoba untuk memperbaiki speaker laptop pecah yaitu

1. Mematikan speaker yang pecah

Speaker laptop biasanya ada di sebelah kanan dan kiri. Jika yang pecah hanya satu, maka Anda bisa mematikan speaker yang bermasalah. Caranya:

a. Klik kanan pada ikon speaker di pojok kanan layar, pilih Open Volume Mixer

b. Klik Device Speaker/HP

c.  Pilih Level, klik Balance, matikan speaker yang bermasalah L (Left) atau R (Right)

d.  Klik OK, Selesai

Sistem akan mengatur agar suara hanya muncul pada speaker yang pecah saja.

2.  Mengganti speaker laptop

Cara ini bisa dilakukan jika Anda memiliki dana lebih untuk mengganti speaker laptop karena harga speaker biasanya mahal.

3.  Menggunakan speaker eksternal

Solusi lain yang cukup mudah adalah menggunakan speaker eksternal atau headphone. Jika belum punya, maka Anda harus membeli terlebih dahulu.

Itulah cara yang bisa Anda coba untuk memperbaiki suara speaker laptop yang pecah atau sember. Jika speaker yang pecah adalah kanan dan kiri, maka solusinya bisa menggunakan speaker eksternal atau mengganti speaker laptop dengan yang baru.

Another Post