4 Cara Mengembalikan File yang Tak Sengaja Terhapus

Kartika Rachmania, Senin, 12 April 2021

Apakah Anda pernah menghapus file di komputer karena tidak sengaja menekan tombol delete? Atau salah pilih saat ingin menghapus file? Sebagian orang pasti pernah secara tak sengaja menekan tombol delete hingga file di komputer terhapus. Tenang saja, file yang terhapus itu bisa dipulihkan atau dimunculkan kembali ke tempat semula.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Komputer

Mengembalikan file yang sengaja dihapus atau yang tak sengaja terhapus bisa dilakukan kok asal Anda tahu caranya. Berikut adalah cara mengembalikan file yang terhapus di komputer atau laptop:

1. Mengecek Recycle Bin

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengecek Recycle Bin. File yang tak sengaja terhapus belum tentu terhapus secara permanen, tapi ada di Recycle Bin. Jika sudah menemukan file yang ingin Anda pulihkan ikuti cara berikut:

1. Klik kanan file tersebut

2. Pilih Restore

3.  Selesai. File tersebut akan Kembali ke tempat semula

2. Restore Previous Version

Cara ini juga bisa dilakukan untuk mengembalikan file yang terhapus. Langkahnya:

1. Klik kanan pada folder tempat Anda menempatkan file

2. Pilih Restore previous Version

3.  Selesai. Isi folder akan kembali seperti tanggal sebelum Anda menghapus salah satu file di dalamnya

3. Backup File

Cara ini mungkin berguna jika Anda sering melakukan back-up file sehingga Anda hanya perlu memulihkannya kembali. Namun, jika tidak, mungkin sudah waktunya bagi Anda membiasakan diri melakukan back-up file untuk antisipasi jika file menghilang.

4. Recovery Program

Ini adalah cara terakhir yang bisa dilakukan untuk memulihkan file dengan bantuan aplikasi/program. Ada beberapa aplikasi gratis yang bisa membantu Anda memulihkan file yang sudah terhapus.

Itulah cara yang bisa dilakukan untuk memulihkan file yang tidak sengaja terhapus di komputer atau laptop Anda.

Jika komputer atau laptop di kantor sudah rusak, Anda bisa menghubungi Asani untuk menyewa laptop yang sesuai dengan kebutuan kantor Anda.


Another Post