Cara Mengubah File Excel ke PDF

Kartika Rachmania, Kamis, 10 Maret 2022

Kenapa orang lebih suka menggunakan format PDF saat mengirim dokumen? Karena format PDF memiliki ukuran relatif kecil dan formatnya tidak akan berubah jika dibuka dengan aplikasi mana pun. Mengubah file ke PDF adalah hal biasa dilakukan dengan mudah. Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk convert excel ke PDF.

Cara Mengubah File Excel ke PDF

Berikut adalah cara convert excel ke PDF yang bisa Anda lakukan sendiri:

Menyimpan file dengan format PDF langsung

Ini adalah cara yang paling mudah untuk convert excel ke PDF. Nantinya, Anda akan langsung mendapatkan file format PDF di tempat Anda menyimpan file excel atau di tempat lain yang Anda inginkan. Berikut adalah caranya:

  1. Buka file excel yang ingin dijadikan file PDF 
  2. Klik File lalu pilih Save As
  3. Ketik nama file dan ubah tipe file menjadi PDF
  4. Klik Save dan Selesai

Export ke format PDF

Berikut adalah caranya:

  1. Buka file excel yang ingin dijadikan file PDF 
  2. Klik File lalu pilih Export
  3. Pilih Create PDF/XPS Document
  4. Ketik nama file 
  5. Klik Save dan Selesai

Cara mengubah excel ke PDF menggunakan pihak ketiga

Selain melalui Microsoft Office, Anda juga bisa convert excel ke PDF dengan layanan online yang gratis. Salah satu website yang menyediakan layanan ini adalah SmallPDF. Berikut cara menggunakan SmallPDF:

  1. Buka situs smallpdf.com 
  2. Pilih Excel to PDF
  3. Upload file excel yang ingin dikonversi. Tunggu sampai proses selesai
  4. Download file PDF yang sudah diproses. 

Cara Mengatasi Masalah Ketika Convert Excel ke PDF

Saat Anda mengubah file excel ke PDf, biasanya Anda akan mengalami beberapa masalah yang membuat kesal. Salah satu masalah umum yang terjadi adalah dokumen terpotong. Dokumen yang terpotong bisa terjadi karena banyak ruang kosong di sisi kertas atau pengaturan kertas yang tidak sesuai dengan garis pembatas. Data yang terlalu memanjang ke bawah atau ke samping biasanya yang menjadi akar masalahnya. Hal yang perlu Anda lakukan:

  1. Mengatur ukuran kertas di menu Page Layout -> Size. Pilih ukuran yang sesuai dengan keinginan Anda
  2. Mengatur layout dengan membuka Print Preview untuk melihat apakah tabel yang Anda buat sesuai dengan ukuran kertas atau tidak. Lihatlah garis putus-putus yang ada di lembar kerja, itulah batas halaman. Jika Anda tidak ingin tabel terpotong, pastikan ukurannya tidak melebihi batas halaman itu.
  3. Jika ukuran tabel sudah sesuai dengan ukuran kertas, Anda bisa langsung mengubah file excel ke pdf. 

Itulah cara untuk convert file excel ke PDF. Semua cara sangat mudah dan dapat dilakukan sendiri. Untuk mengubah file PDF ke word, bisa dibaca pada artikel berikut

Jika Anda membutuhkan laptop atau komputer untuk perusahaan karena laptop lama bermasalah, Asani menyediakan sewa laptop atau komputer dengan spesifikasi yang sesuai kebutuhan Anda. Asani juga memberikan instalasi software termasuk Microsoft Office bagi perusahaan yang sudah menyewa di Asani. Lihat katalog Asani lengkap untuk kebutuhan design graphic, editing video, develop website atau aplikasi, serta administrasi, dan bisnis. 

Hubungi Asani untuk mendapatkan penawaran sewa laptop terbaik untuk kantor Anda.