Cara Mengubah Powerpoint Menjadi Video

Kartika Rachmania, Kamis, 28 April 2022

Banyaknya konten berformat video yang tersedia di berbagai platform membuat orang sudah terbiasa terpapar konten video dan cenderung lebih mudah menangkap isi kontennya. Hal itulah yang membuat penyajian data dalam format video menjadi semakin menarik. Lalu bagaimana jika Anda ingin membuat presentasi yang menarik dalam bentuk video? Salah satu aplikasi sederhana yang bisa Anda gunakan adalah PowerPoint. PowerPoint adalah sebuah aplikasi yang baik untuk untuk menyajikan visualisasi data untuk presentasi. Tidak hanya membuat deck presentasi, Anda juga bisa mengubah dokumennya menjadi video. 

Cara Mengubah PowerPoint Menjadi Video

Anda dapat menyimpan dokumen presentasi PowerPoint ke dalam bentuk video berformat .mp4 atau .wmv. Anda bisa mengubah file dengan menggunakan PowerPoint untuk Microsoft 365 dan PowerPoint 2010 - 2019. Berikut adalah cara menyimpan dan mengubah PowerPoint menjadi bentuk video:

  • Buka file presentasi yang ingin dijadikan video menggunakan aplikasi Microsoft PowerPoint
  • Setelah file terbuka, pilih File lalu klik Export
  • Klik Create a Video, lalu pilih kualitas video yang diinginkan. Semakin besar resolusi video, ukuran file-nya juga akan menjadi besar. 
  • Jika Anda memiliki narasi berjangka waktu, pilih Gunakan Pengaturan Waktu dan Narasi. Jika belum, maka Anda bisa menggunakan mode default. 
  • Ubah pengaturan waktu untuk menampilkan tiap slide di kotak selanjutnya.
  • Setelah selesai, klik Create Video
  • Masukkan nama file yang Anda inginkan, lokasi penyimpanan, dan pilih tipe file.
  • Klik Save. Waktu proses pembuatan video tergantung dengan ukuran file yang dibuat, bisa dalam hitungan menit atau berjam-jam. 


Itulah cara untuk mengubah powerpoint menjadi video. Anda juga bisa mencetak powerpoint atau mencetak file excel jika dibutuhkan dalam presentasi rapat. Jika Anda membutuhkan laptop atau komputer untuk perusahaan dengan software Office lengkap, Asani menyediakan sewa laptop atau komputer dengan spesifikasi yang sesuai kebutuhan Anda. Laptop yang disediakan Asani bisa untuk kebutuhan design graphic, editing video, develop website atau aplikasi, serta administrasi, dan bisnis. Hubungi Asani untuk mendapatkan penawaran sewa laptop terbaik untuk kantor Anda.

Another Post