Cara Mengurangi Jejak Karbon Digital

Kartika Rachmania, Rabu, 7 Desember 2022

Jejak karbon digital adalah emisi gas rumah kaca yang dihasilkan oleh aktivitas digital, seperti menggunakan komputer, smartphone, atau internet. Emisi ini dapat meningkatkan suhu global dan mengakibatkan perubahan iklim yang merugikan bagi banyak orang dan ekosistem. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengurangi jejak karbon digital kita agar dapat membantu mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.


Cara Mengurangi Jejak Karbon Digital

Untuk mengurangi jejak karbon digital, ada beberapa langkah yang dapat kita lakukan. 

  • Menggunakan Perangkat yang Hemat Energi

Kita bisa menggunakan perangkat digital dengan efisiensi energi tinggi. Ini bisa berupa komputer, laptop, atau smartphone yang memiliki label Energy Star atau tanda efisiensi energi lainnya. Dengan begitu, perangkat tersebut akan menggunakan energi lebih sedikit dan menghasilkan emisi gas rumah kaca yang lebih rendah. Selain itu, pastikan untuk mengaktifkan fitur hemat energi pada perangkat sehingga perangkat akan otomatis menghemat energi ketika tidak digunakan.

  • Menggunakan pengaturan hemat energi di perangkat digital 

Kita bisa mengatur laptop atau komputer untuk mati atau masuk ke mode siaga setelah beberapa menit tidak digunakan. Hal ini akan mengurangi waktu yang perangkat tersebut menggunakan energi secara boros. Kita juga bisa mengatur smartphone untuk mati atau masuk ke mode siaga setelah beberapa menit tidak digunakan. Dengan begitu, perangkat tersebut tidak akan terus-menerus menggunakan energi dan menghasilkan emisi gas rumah kaca. 

KIta juga bisa mengurangi penggunaan internet yang tidak perlu, seperti streaming video atau bermain game online. Hal ini akan mengurangi beban pada server internet dan mengurangi emisi gas rumah kaca.

  • Memilih layanan yang memiliki program penggunaan energi yang ramah lingkungan

Kita juga dapat mengurangi jejak karbon digital dengan menggunakan layanan yang ramah lingkungan. Salah satunya adalah penyedia layanan internet. Beberapa provider internet telah mengadopsi teknologi dan praktik yang ramah lingkungan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca yang dihasilkan oleh jaringan internet mereka. Dengan memilih provider internet yang ramah lingkungan, kita dapat membantu mengurangi jejak karbon digital secara keseluruhan.

  • Menggunakan perangkat yang bisa didaur ulang

Kita juga dapat mengurangi jejak karbon digital dengan menggunakan perangkat yang bisa didaur ulang. Saat membeli perangkat baru,  ada emisi baru untuk membuat laptop. Sewa laptop bisa memperpanjang umur penggunaan. Emisi produsen akan berkurang karena pembuatannya juga berkurang. 

Pastikan untuk memilih perangkat yang dapat didaur ulang sehingga kita dapat mengurangi sampah teknologi dan mengurangi emisi gas rumah kaca yang dihasilkan oleh pembuatan perangkat baru. 


Untuk mengurangi jejak karbon digital secara keseluruhan, penting bagi kita semua untuk berkontribusi. Mulailah dengan mengambil langkah-langkah kecil seperti yang disebutkan di atas dan berbagi informasi tentang cara mengurangi jejak karbon digital dengan orang lain. 


Dengan bersama-sama mengurangi jejak karbon digital, kita dapat membantu mengurangi dampak perubahan iklim. Jika perusahaan tertarik untuk sewa laptop maupun perangkat IT lain, segera hubungi Asani. Kami siap untuk membantu dan mendukung strategi pengurangan jejak karbon digital perusahaan Anda. 

Another Post