Cara Meningkatkan Keuntungan Perusahaan atau Bisnis

Kartika Rachmania, Selasa, 5 Oktober 2021

Profit atau keuntungan adalah salah satu tujuan utama perusahaan. Meskipun perusahaan sudah memiliki keuntungan, mereka tetap mencari cara untuk meningkatkan keuntungan secara berkelanjutan. Namun, untuk meningkatkan keuntungan itu tidak mudah. Setiap perusahaan harus melakukan berbagai cara agar keuntungan bisa terus didapat.

Cara Meningkatkan Profit atau Keuntungan Bisnis Perusahaan

Berikut adalah cara yang bisa perusahaan gunakan untuk meningkatkan keuntungan atau profit perusahaan:

1.Menambah produk atau layanan

Penambahan jumlah produk barang atau layanan bisa meningkatkan keuntungan bisnis. Sebelum menambah jumlah produk, ketahui dulu bagaimana permintaan produk atau layanan yang perusahaan tawarkan di pasar. Setelah pendataan data dan analisis pasar itulah, baru tahap menambah produk dan layanan bisa dilakukan. Jika produk laku, maka bisa mulai dipertimbangkan untuk meningkatkan produk. 

2.Menaikkan penjualan atau omset perusahaan

Hal ini adalah hal yang paling umum dilakukan oleh perusahaan dalam meningkatkan pendapatan. Makin banyak pesaing, maka perusahaan harus melakukan analisa pasar dan melihat celah yang diinginkan oleh pasar misalnya menaikkan kualitas barang atau menurunkan harga jual barang tersebut.

3.Meningkatkan nilai jual

Ciptakan produk yang berkualitas sehingga konsumen tetap setia menggunakan produk Anda. Produk yang berkualitas membuat buat konsumen percaya dengan brand yang Anda tawarkan. Meskipun ada produk lain dengan brand yang berbeda, mereka tetap akan mencari produk Anda. Anda bisa menambahkan nilai lebih jika membeli pada toko anda misalnya kemudahan untuk mendapatkan produk saat ingin melakukan pembelian. 

4.Mencari konsumen baru dengan kegiatan promosi dan menentukan target market yang spesifik

Anda perlu mengetahui target pasar spesifik yang dituju sebelum mempromosikan produk atau layanan perusahaan. Tentukan dengan jelas kegiatan promosi yang akan dilakukan agar dampaknya bisa langsung terasa. Saat ini, media online adalah media terbaik untuk membuat target market secara spesifik cara menggunakan parameter yang detail. Anda bisa memanfaatkan teknologi internet untuk melakukan promosi dengan target yang tepat.

5.Menjual produk dalam jumlah besar

Strategi yang bisa digunakan meningkatkan keuntungan yaitu membuat paket produk atau layanan sehingga Anda bisa menjual dengan harga lebih tinggi. Cara lain yang bisa dilakukan yaitu meningkatkan jumlah produk dalam kemasan dan mengganti dengan ukuran yang lebih besar. Dengan begitu, Anda bisa menaikkan harga produk.

6.Mengurangi biaya operasional 

Upaya ini dilakukan untuk meminimalkan biaya yang dikeluarkan perusahaan dalam produksi misalnya mencari supplier yang lebih murah, menggunakan kemasan yang lebih ekonomis, efisiensi biaya produksi, mereviu sistem dan proses bisnis perusahaan, serta meningkatkan keamanan dan sistem kontrol untuk mengurangi kemungkinan terjadinya pencurian.

Untuk mengurangi biaya operasional, Anda juga bisa mulai mempertimbangkan untuk sewa laptop untuk kantor. Dengan sewa laptop, Anda bisa menghemat pengeluaran hingga 25%. Keuntungan lain yang didapat adalah gratis biaya pengiriman dan jasa sewa laptop sudah termasuk IT Support.

Asani menyediakan sewa laptop atau komputer untuk kebutuhan karyawan di perusahaan. Ada beberapa kategori laptop yang disediakan oleh Asani yaitu administrasi, bisnis, design dan developer. Selengkapnya bisa dilihat di katalog Asani.

Hubungi Asani untuk mendapatkan penawaran sewa laptop terbaik untuk kantor Anda.

Another Post