Cara Menjalankan Aplikasi dari Android di PC atau Laptop

Kartika Rachmania, Rabu, 20 April 2022

Apakah Anda pernah membayangkan menggunakan aplikasi Android di PC dengan layar yang lebih besar?

Saat ini, Anda bisa menghubungkan perangkat Android ke PC Windows dengan menggunakan aplikasi Phone Link. Dengan aplikasi ini, Anda bisa menjalankan aplikasi Android di dalam Windows seperti menjalankan aplikasi di ponsel.

Menjalankan Aplikasi dari Android di PC

Aplikasi Phone Link bisa membantu Anda mengakses aplikasi dari Android yang ada di ponsel langsung di laptop atau PC. Anda bisa mengirim pesan, melihat foto, dan lainnya saat menggunakan layar laptop. 

Syarat Menggunakan Aplikasi di PC

Berikut adalah syarat spesifikasi yang harus dipenuhi agar Anda bisa mendapat pengalaman pengguna menjadi lebih baik:

  • PC atau laptop menggunakan Windows 10 May 2020 update atau yang terbaru
  • Minimal RAM 8 GB
  • Ponsel yang menggunakan Android 11.0
  • Aplikasi Link to Windows terbaru (untuk ponsel)
  • Aplikasi Phone Link terbaru (untuk PC)

Bagaimana cara menyambungkan ponsel dan PC?

Anda tidak dapat mengakses aplikasi dari Android ke PC tanpa menautkan perangkat. Jadi, pastikan untuk mengikuti langkah di atas agar koneksi ponsel ke PC bisa berjalan dengan baik. Fitur dari aplikasi Phone Link bisa digunakan berbagai macam ponsel Android, tapi fitur bekerja lebih baik di ponsel Samsung.

Sebelum mulai menyambungkan ponsel Android ke PC, pastikan kedua perangkat ada di jaringan yang sama (Wi-Fi). Selanjutnya, ikuti langkah ini:

  • Buka Phone Link setting di PC / Laptop, klik Start
  • Ikuti instruksi yang ada di layar, yaitu buka aka.ms/yourpc dari ponsel atau ke Google Play Store untuk memasang aplikasi Link to Windows. Untuk ponsel brand tertentu, aplikasi mungkin sudah terpasang di HP
  • Setelah app Link to Windows terpasang di HP, kembali ke layar PC lalu centang di bagian yang disediakan, klik Next
  • Di layar laptop akan muncul jendela baru yang menampilkan barcode untuk pairing. Scan barcode depan ponsel
  • Izinkan beberapa setting dari ponsel
  • Selesai. Anda bisa kembali ke PC dan mulai menggunakan aplikasi dari Android di PC


Jika Anda ingin bermain game, mungkin ini bukan pilihan tepat karena mungkin ada delay atau gambar yang buram. Jika ingin bermain, mungkin Anda bisa memasang langsung dari Microsoft Store. Microsoft dan Amazon telah bekerja sama untuk membuat ribuan aplikasi game Android yang dikuratori Amazon dan tersedia di Windows.

Fitur Phone Link mungkin belum sempurna, tapi tidak menutup kemungkinan nanti akan ada pembaruan yang lebih baik. Pilihan lain untuk menjalankan aplikasi Android di PC adalah Bluestack. 


Jika Anda membutuhkan laptop atau komputer untuk perusahaan karena laptop lama bermasalah, Asani menyediakan sewa laptop atau komputer dengan spesifikasi yang sesuai kebutuhan Anda. Asani juga memberikan instalasi software termasuk Microsoft Office bagi perusahaan yang sudah menyewa di Asani. Lihat katalog Asani lengkap untuk kebutuhan design graphic, editing video, develop website atau aplikasi, serta administrasi, dan bisnis. 


Hubungi Asani untuk mendapatkan penawaran sewa laptop terbaik untuk kantor Anda.

Another Post